Hentikan Penindasan Muslim Uyghur, Aliansi Umat Muslim Lampura Unjuk Rasa

Tanggal 26 Des 2018 - Laporan - 864 Views
Aksi unjuk rasa Aliansi Umat Muslim Lampung Utara menentang penindasan Muslim Uyghur

Harianmomentum.com--Massa Aliansi Umat Islam Lampung Utara (Lampura), Rabu (26-12-2018) menggelar aksi unjuk rasa menentang penindasan dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap muslim Uyghur di Provinsi Xinjiang, China. 

Massa Aliansi Umat Islam yang menggelar unjuk rasa itu merupakan gabungan dari: Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT), Pemuda Pancasila dan Himpunan Mahasiswa Islam setempat. Massa menilia aksi penindasan terhadap umat muslim Uyghur merupakab bentuk pelanggaran HAM berat.

"Hak-hak dasar umat muslim di sana (Xinjiang, Cina) telah ditindas dengan sangat tidak manusiawi. Kami minta pemerintah mendesak China menghentikan kedzaliman di Uyghur. Bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi prikemanusiaan, dan prikeadilan dan menolak segala bentuk penjajahan dan penindasan," kata Akhari salah satu anggota aksi menyampaikan orasi.

Hal senada disampaikan Reni Sutedjo, perwakilan BKMT. Dalam orasinya dia  menyatakan bahwa muslim itu bersaudara. Jika satu tersakiti maka yang lain ikut tersakiti.

"Tragedi Uyghur merupakan bentuk kedzaliman yang jelas di depan mata. Kenyataan ini telah menyedot perhatian dunia. Penindasan dan perlakuan diskriminasi oleh pemerintah Xinjiang, adalah bentuk nyata kedzaliman negara dan pemerintah kepada rakyatnya sendiri," kata Reni.

Selain berorasi, massa  Aliansi Ummat Islam Lampura juga menggelar doa untuk muslim Uyghur dan korban bencana tsunami Selat Sunda. Mereka juga melakukan penggalangan dana untuk membantu korban bencana tsunami. (ysn)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Jadi Saksi Kasus Korupsi, Inspektur Inspektor ...

MOMENTUM, Kotabumi--Menjadi saksi kasus dugaan tindak pidana koru ...


Komplotan Curanmor di Lamteng Diamankan, Satu ...

MOMENTUM, Padangratu--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi P ...


Peringati Hari KI, Kemenkumham Sebut 10 Ribu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham ...


Kapolres Pimpin Sertijab 10 Kapolsek di Lamte ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnom ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com