Parade Budaya UKM Permadu Darmajaya Berlangsung Meriah

Tanggal 01 Apr 2019 - Laporan - 827 Views
Rektor IIB Darmajaya, Ir. Firmansyah Y. Alfian membuka kegiatan parade budaya ke empat di Kampus IIB Darmajaya. Foto: ist

Harianmomentum.com--Parade budaya ke empat yang digelar unit kegiatan mahasiswa (UKM) perhimpunan mahasiswa hindu (Permadu) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya berlangsung meriah.

Kegiatan bertajuk 'mari kita wujudkan karakter generasi millenial yang memiliki jiwa toleransi untuk menyatukan perbedaan dalam suatu kebudayaan' itu digelar di kampus IIB Darmajaya pada Minggu (31-3-2019).

"Kami mengangkat tema ini agar membangkitkan generasi muda bangga dengan kebudayaan kita. Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga budaya kita," kata Ketua Pelaksana Parade Budaya Empat, Nyoman Sudrata melalui rillis yang diterima harianmomentum.com, Senin (1-4-2019).

Dia mengatakan, dalam parade tersebut ada delapan cabang perlombaan, yakni tari, dharmawacana, sloka, lomba cepat tepat, kirtanam, videografi, fashion show, dan jegeg bagus parade budaya.

“Parade Budaya ke empat ini diikuti 415 peserta lomba yang terbagi dalam kategori SD, SMP, SMA, dan Umum,” jelas Nyoman.

Dia berharap, ke depannya dapat bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Lampung serta dapat menambah budaya yang ditampilkan.

Sementara, Ketua UKM Permadu, Wayan Kastawan mengatakan, Parade Budaya merupakan program unggulan dari UKM Permadu yang telah berjalan empat kali.

"Kebudayaan mampu menyatukan kita dalam perbedaan. Tujuannya untuk melestarikan budaya Hindu. Kita sebagai warga negara Indonesia wajib melestarikan budaya Indonesia," ucapnya.

Pembina Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian  Agama Provinsi Lampung Drs. I Made Dewa Reka mengatakan, tanpa dukungan Rektor IIB Darmajaya acara Parade Budaya Hindu tidak dapat dilaksanakan.

"Saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya karena telah sukses menggelar Parade Budaya. Ucapan selamat kepada seluruh panitia yang sudah merancang parade budaya ini karena tidak mudah," ungkapnya.

Menurutnya, Parade Budaya ini untuk mengangkat kebiasaan yang adiluhung bagi umat Hindu. "Jadikan Parade Budaya ini untuk menopang ajaran Hindu yang kita yakini," katanya.

Sedangkan, Rektor IIB Darmajaya, Ir. Firmansyah Y. Alfian menyampaikan rasa bangganya terhadap UKM Permadu.

"Sudah empat atau tiga kali UKM Permadu menjadi juara minat bakat. Saya juga mengapresiasi UKM Permadu yang tampil di MBK saat milad Yayasan Alfian Husin. Padahal di saat bersamaan sedang menyiapkan Hari Raya Nyepi," ucapnya.

Firman--biasa disapa--berharap UKM Permadu bisa mencapai level nasional, tidak hanya jago kandang.

"Dengan menggandeng banyak pihak, UKM Permadu dapat mencapai level nasional dan mengenalkan kebudayaan umat Hindu ini yang sangat menarik. Ini juga bisa disampaikan ke Kemenristekdikti," tuturnya.

Rektor juga berpesan, UKM dapat menyatukan kegiatan dengan media perbedaan-perbedaan yang ada.

"Di Darmajaya ini saya mendorong mahasiswa agar mengamalkan agamanya yang diyakini baik dan kita sama-sama berbuat baik," imbuhnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


Gelar Konferensi Internasional, Fakultas Syar ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Syariah Universitas Islam Nege ...


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com