Majukan Senam Indonesia, Sutjiati Siap Berlaga di LeveI Internasional

Pesenam Indonesia, Sutjiati Kelanaritma Narendra./ist

Harianmomentum.com--Sutjiati Kelanaritma Narendra, gadis remaja yang berparas Indonesia-Amerika ini mengaku siap berjuang dikancah internasional demi memajukan serta membawa harum negeri tercinta.

Dara kelahiran New York Amerika Serikat, 13 Februari 2004 ini merupakan atlet senam Timnas Gymnastic Amerika Serikat. Dia rela keluar dari timnya di USA demi kecintaan pada tanah air Indonesia.

Remaja yang akrab disapa Sutji ini saat ditemui di kediamannya Komplek Beringin Raya, Kemiling, Bandarlampung, Minggu (19-5-2019) dengan ramah bercengkarama dengan bahasa Indonesia yang belum begitu lancar.

Didampingi kedua orangtuanya, Andy Narendra dan Christina Narendra, remaja keturunan Indonesia-Amerika ini bercerita kalau kecintaannya kepada senam ritmik sudah sejak usia 8,5 tahun.


Dia dengan disilpin waktu terus mengikuti latihan di New York Amerika. Berkat ketekunannya, Sutji sudah beberapa kali meraih juara lomba Gymnastic ritmik.

Kejuaraan yang pernah diraih yakni juara 1 kategori pita Turnamen Senam Ritmik Internasional ke 22 Rumi dan Albena di Varna, terakhir mengikuti kejuaran Senam Ritmik di Bulgaria 2018.

Ia mengaku sudah sejak beberapa tahun silam ingin pulang ke Indonesia namun terkendala pada kepengurusan kewarganegaraan.

Menurutnya, saat ini sedang fokus menjalani latihan selama delapan jam setiap hari pagi dan sore di gedung Olahraga Senam Idola, Rawa Laut, Enggal, Bandarlampung.

Sutji bertekad harus bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia seperti yang dulu dilakukan di Amerika.  Meskipun harus menyesuaikan kondisi fasilitas tempat berlatih yang tentu saja jauh berbeda dengan tempatnya berlatih di USA.

Namun, Sutji menegaskan, kondisi ini  tidak akan menghambat dirinya untuk memacu semangat. Apalagi pelatih Mb Yulianti dan Mb Wati begitu baik dan terus memberi semangat muridnya agar dapat meraih yang terbaik.

Dalam waktu dekat, anak pertama dari tiga bersaudara itu akan mengikuti kejuaraan Asian Championships 2019 di Pattaya, Thailand 18--24 Juni 2019. Terdekat, Sutji akan mengikuti kejuaraan tingkat junior pertama mewakili Indonesia di Rusia Juli mendatang.(nur)

Leave a Comment