PPDB 2019, SMAN 2 Terima 386 Siswa

Tanggal 17 Jun 2019 - Laporan - 1633 Views
Alur PPDB SMAN 2 Bandarlampung. Foto: acw

Harianmomentum.com--Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMAN) 2 Kota Bandarlampung telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020. PPDB dibuka mulai 17-19 Juni 2019.

Kepala Sekolah SMAN 2 Bandarlampung Jumani Darjo menjelaskan, kuota penerimaan siswa baru di SMA setempat sebanyak 386 siswa.

“Dari jumlah tersebut, 90 persen (348) kuotanya diambil dari zonasi. Lima persennya (19) dari jalur prestasi dan lima persennya (19) lagi dari jalur mutasi atau jalur pindah kerja orang tua calon siswa,” kata Jumani, Senin (6-17).

Jumani menjelaskan, yang dimaksud zonasi adalah sistem penerimaan siswa berdasarkan jarak rumah dengan sekolah. Sehingga dengan sistem ini, nilai bukan menjadi patokan. 

“Yang terdekat dengan sekolah itulah yang akan diterima. Jika kediamannya jauh dari sekolah otomatis akan terseleksi,” ujarnya.

Jika penerimaan sistem zonasi sudah melebihi batas kuota dan ditemukan adanya jarak rumah yang sama antar siswa, maka yang akan ditema adalah para peserta yang lebih dahulu mendaftar. 

Penerimaan dengan sistem zonasi bukan hanya di SMAN 2 Bandarlampung, namun berlaku di seluruh SMA di wilayah Provinsi Lampung.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar menjelaskan, para calon siswa SMA diperbolehkan memilih dua pilihan sekolah pada PPDB. Namun tetap sesuai rayonnya masing-masing. 

“Kita tetap menggunakan sistem zona. Kalau tahun lalu 75 persen untuk kuota zona, sekarang 90 persen,” kata Sulpakar beberapa waktu lalu.

Menurut dia, hal itu berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 51 tahun 2018.

“Kami bekerja sama dengan Telkom. Jadi penentuan zona itu bukan manual, melainkan melalui satelit yang dilaksanakan oleh Telkom,” jelasnya.

Untuk PPDB di Provinsi Lampung dilakukan secara online melalui laman lampung.siap-ppdb.com.(nur/acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com