Polres Pesawaran Antisipasi Kemacetan Arus Balik Lebaran

Tanggal 02 Jul 2017 - Laporan - 1056 Views
Kemacetan lalu lintas yang terjadi dikawasan Simpang Tugu pengatin Gedungtataan Kabupaten Pesawaran.Foto: Eri.

Harianmomentum--Kepolisian Resor (Polres) Pesawaran mengantisipasi kemacetan arus balik lebaran dengan merekayasa lalulintas di wilayah kabupaten setempat.

 

"Prosesnya sudah dilakukan sejak H-7 Idul Fitri 2017 lalu. Kita lakukan rekayasa lalulintas agar tidak terjadi penumpukan di jalan lintas barat Sumatera wilayah Pesawaran ini," kata Kepala Pos Pengamanan Lebaran Polres Pesawaran Ipda David, Minggu (2/7).   

 

Menurut dia, salah satu lokasi fokus pengamanan Polres Pesawaran adalah Simpang Tugu Pengantin.

 

"Jalur ini penyempitan jalan dari arah Bandarlampung menuju Pringsewu ditambah lagi, adanya lalulintas keluar masuk menuju Kecamatan Kedondong," ujarnya.

 

"Peningkatan kendaraan arus balik sudah mulai terlihat Minggu pagi, dan diperkirakan akan terus bertambah hingga nanti malam," lanjutnya.

 

Kepadatan kendaraan ini, ia melanjutkan, terjadi menyusul akan berakhirnya liburan lebaran pada Senin (3/7). "Sejauh ini kendaraan roda dua yang cukup mendominasi di jalanan, kalau kendaraan roda empat biasanya memilih melakukan perjalanan di malam hari," ujarnya.

 

Maka dari itu, ia menambahkan, pihaknya sering lakukan buka tutup jalan, selain itu jika sudah terjadi kepadatan yang cukup panjang kami lakukan pengalihan jalur dari pasar minggu, Bagelen hingga tembus di sebelah Mapolres Pesawaran.

 

Selain itu, ia juga menerangkan pada tahun ini angka kriminalitas dan kecelakaan lalulintas juga ada penurunan. "Selain melakukan pengamanan jalur mudik, kami juga melakukan pengaturan lalulintas guna mengantisipasi adanya tindak kriminalitas dan Lakalantas, serta kami bersyukur sejauh ini dari pantauan yang dilakukan peristiwa Lakalantas ada penurunan," terangnya.

 

Ia mengimbau kepada para pemudik untuk dapat selalu mengedepankan keselamatan saat berkendara di jalan raya. "Kepada para pengguna jalan saya meminta untuk tidak membawa barang dengan melebihi kapasitas kendaraan dan yang terpenting selalu periksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan, serta beristirahat saat tubuh sudah merasa lelah, selain itu di sepanjang jalan Ahmad Yani Gedungtataan para pemudik juga dilarang beristirahat dengan memarkirkan kendaraannya di bahu jalan," imbaunya.

 

Pengaman yang dilakukan oleh polisi akan berakhir pada Selasa (4/7) mendatang. "Di posko ini kami menyiapkan 20 anggota personel, dibantu satpol PP, anggota Pramuka serta tim kesehatan dari Dinkes Pesawaran, yang selalu disiagakan selama 24 jam," ujarnya.(Eri)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Tiba di Bandara Kualanamu, Delegasi PWI Lampu ...

MOMENTUM, Deliserdang--Delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI ...


Pergantian Tahun, Sebagian Wilayah Bandarlamp ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebagian wilayah Kota Bandarlampung digu ...


Ribuan Masyarakat Padati Tugu Adipura, Akses ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ribuan masyarakat Kota Bandarlampung ram ...


Pesta Kembang Api Tandai Pergantian Tahun di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pesta kembang api menandai pergantian ta ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com