Pendaftaran SMA Jalur Prestasi Belum Memenuhi Kuota

Tanggal 25 Jun 2019 - Laporan - 1016 Views
Kepala SMAN 2 Bandarlampung Jumani Darjo. Foto: Agung CW

Harianmomentum.com--Masih ada peluang bagi siswa berprestasi untuk dapat diterima di sejumlah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) favorite di Bandarlampung

Pasca kembali dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA,  pada Selasa (25-6), jalur prestasi di beberapa SMAN masih belum memenuhi kuota, antara lain: SMAN 1 dan SMAN 2 Bandarlampung.

Hal itu disebabkan karena perubahan kuota jalur prestasi, dari semula lima persen bertambah menjadi 15 persen di tiap sekolah.

Kepala SMAN 2 Bandarlampung Jumani Darjo mengatakan, kuota penerimaan siswa baru di sekolah tersebut mencapai 386 orang.

“Semula kuota jalur prestasi sudah mencukupi, tapi karena ada penambahan kuota untuk jalur prestasi maka kita masih menunggu pendaftar berikutnya,” kata Jumani pada Harianmomentum.com, Selasa (25-6).

Menurut dia, hingga pukul 13.00 WIB, Selasa (25-6), jumlah pendaftar tambahan hanya lima orang. Empat jalur prestasi dan satu jalur zonasi.

“Masih ada kesempatan untuk daftar melalui jalur prestasi. Jadi yang punya peringkat kelas, peringkat satu, dua maupun tiga bisa mendaftar di SMAN 2. Pendaftaran masih kita buka hingga Rabu sore (26-6),” jelasnya.

Menurut dia, mekanisme PPDB yang dipergunakan saat ini sudah sangat baik.

“Proses PPDB online, semuanya terpantau. Jadi tidak ada celah untuk melakukan kecurangan,” jelasnya.

Walau begitu, lanjut dia, masih ada beberapa complain dari wali murid yang mendaftar melalui jalur zonasi.

“Jalur zonasi inikan penilaiannya jarak rumah dengan sekolah. Maka di dalam sistem, yang rumahnya jauh pasti terseisihkan,” jelasnya.

Dia mencontohkan, saat awal mendaftar nama calon siswa ada, tapi karena ada pendaftar berikutnya yang rumahnya lebih dekat, maka otomatis menggeser nama yang ada di atasnya.

“Nah ini yang banyak masyarakat belum ketahui. Mungkin saat awal daftar nama mereka masuk, tapi setelah sehari, pendaftar bertambah namanya mendadak hilang. Sebenarnya bukan hilang tapi memang mekanismenya seperti itu, yang rumahnya jauh akan tersisihkan (tergeser) dengan calon siswa yang rumahnya lebih dekat,” paparny.

Diketahui, dari total kuota penerimaan 348 siswa di SMAN 2, 80 persennya (272) jalur zonasi, 15 persen (57) jalur prestasi dan 5 persennya (19) jalur pindah kerja orang tua.

Baca juga: Masyarakat Diminta Bersabar Menunggu Pengumuman PPDB

Terpisah, Kabag Humas SMAN 1 Bandarlampung M.Farid mengatakan, pada hari pertama pembukaan kembali PPDB,  belum ada calon siswa yang mendaftar.

“Tadi sempat ada beberapa yang ke sini. Tapi bukan untuk mendaftar, mereka hanya bertanya soal pengumuman dan daftar ulang,” kata dia.

Menurut Farid, SMAN 1 Bandarlampung masih membuka pendaftaran hingga Rabu sore (26-6).

“Besok pagi pukul 08.00-16.00 WIB kita buka kembali pendaftarannya. Sepertinya besok bakal banyak yang daftar,” kata dia.

Menurut dia, jika kuota jalur prestasi tidak mencukupi hingga ditutupnya pendaftaran, maka akan dilengkapi oleh sisw dai jalur zonasi.

“Di SMAN 1 kuota penerimaannya 264. Saat ini yang mendaftar jalur zonasi IPA sebanyak 253 dan IPS 170. Sedangkan yang mendaftar jalur prestasi IPA dan IPS masing-masing tujuh orang. Untuk jalur mutasi, baru dua orang pendaftar,” katanya. (acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com