PPDB SD dan SMP Diperkirakan Berlangsung Mulus

Tanggal 28 Jun 2019 - Laporan - 1019 Views
Toto Sumedi. Foto. Ysn.

Harianmomentum.com--Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Lampung Utara (Lampura), Toto Sumedi optimistis penerimaan peserta didik baru (PPDB) dengan sistem zonasi untuk SD dan SLTP di Lampura berjalan mulus. 

Dia mengatakan, Disdikbud telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan PPDB yang akan berlansung mulai tanggal 1 hingga 5 Juli mendatang. "Semua sudah kita persiapkan. Kita juga membentuk tim pemantau yang akan memantau pelaksanaan PPDB di seluruh kecamatan yang ada," ujar Toto di ruang kerjanya, Jumat (28-6-2019).

Menurut Toto, penggunaan sistem zonasi berdasarkan peranturan Menteri Pendidikan Nomor 51 tahun 2018 dan aturan perubahan serta surat edaran Kementerian Dalam Negeri yang mengatur kuota peserta didik. Yaitu, 80 persen zonasi, 15 persen prestasi dan 5 persen jalur pindahan.

Dia menilai pelaksanaan PPDB akan berjalan mulus tanpa polemik yang berarti. Sebab jumlah sekolah SLTP/SMP banyak dan merata di semua kecamatan yang ada. 

Sistem zonasi baik untuk pemerataan sekolah mendapatkan murid. Sekolah-sekolahan yang ada justru berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerja dan preatasinya masing-masing.

"Saya kira tidak akan terjadi polemik. Justru sistem ini akan mengahpus image sekolah favorit atau unggulan. Intinya pemerataan. Hanya saja sistem zonasi tidak mengedepankan nilai calon siswa didik. Nilai hanya digunakan jika terdapat beberapa calon peserta didik yang jarak rumahnya sama dengan sekolahan," pungkasnya (Ysn)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com