Bank Lampung Raih Penghargaan Bank Terbaik 2019 Versi Majalah Investor

Tanggal 30 Jun 2019 - Laporan - 825 Views
Penghargaan Bank Terbaik 219 Versi Majalah Investor. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Bank Lampung kembali meraih penghargaan sebagai Bank Terbaik 2019 untuk Kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) Buku I versi Majalah Investor. Penghargaan yang sama juga diberikan kepada PT Bank Sulawesi Tenggara dan. PT Bank Sulawesi Tengah.

Penghargaan ini diberikan kepada bank yang memiliki performa paling gemilang sepanjang tahun 2018 melalui hasil pemeringkatan terhadap 113 bank yang beroperasi di Indonesia berdasarkan Laporan Keuangan 2018 dan 2017.

Bank-bank tersebut mendapat predikat terbaik setelah lolos seleksi pemeringkatan dan terbukti unggul di kelasnya berdasarkan pengelompokan modal inti.

Tahapan seleksi awal yang disepakati Dewan Juri sebelum bank-bank ini dinyatakan layak ikut pemeringkatan.

Poin-poin penting seleksi awal meliputi CAR minimum 10%, tidak mendapat opini disclaimer  pada laporan keuangan tahun buku 2018, Giro Wajib Minimum (GWM) tidak kurang dari 8% (±insentif LDR), laba operasional dan laba bersih 2018 positif, aset 2018 untuk bank umum nasional dan BPD minimal Rp 1 triliun, dan tidak terkena sanksi dari otoritas.

Pemimpin Redaksi Majalah Investor Komang Darmawan menyebutkan, penghargaan kelompok Bank Pembangunan Daerah (BPD) diberikan untuk tiga kategori. Pada kelompok BPD Buku III (modal inti Rp 5 triliun – Rp 30 Triliun), penghargaan diberikan untuk PT Bank Jawa Tengah, PT Bank Jawa Timur Tbk, dan PT Bank DKI.

Selanjutnya PT Bank Jambi, PT Bank Kalimantan Tengah, dan PT Bank Sulselbar meraih penghargaan untuk BPD Buku II (modal inti Rp 1 triliun – Rp 5 Triliun. Tiga nama mengulang prestasi tahun lalu dengan komposisi yang persis sama. 

Sedangkan untuk kelompok BPD Buku I (modal < Rp 1 triliun), penghargaan diberikan pada PT Bank Sulawesi Tenggara, PT Bank Sulawesi Tengah, dan PT Bank Lampung.

“Bank-bank yang meraih penghargaan tahun 2019  sudah terseleksi pada kelas masing-masing, beberapa di antaranya mengulang prestasi yang diraih tahun lalu. Sesuai tahapan penjurian, penghargaan diberikan setelah bank-bank ini lolos seleksi awal dan menjadi yang terbaik pada tahap pemeringkatan yang mengacu pada 12 kriteria pemeringkatan yang dirumuskan Dewan Juri,” ujar Komang di  Jakarta, Jumat (28-6-2019).

Secara umum, menurut Dewan Juri, kinerja bank yang jadi pemenang memang layak mendapat apresiasi. 

Ketua Dewan Juri Zulkifli Zaini menuturkan, persoalan terkini dari perbankan nasional adalah posisi LDR (loan to deposit ratio) yang cenderung meningkat.

“LDR menjadi tantangan perbankan saat ini. Tetapi bank-bank yang berhasil menjadi yang terbaik di kelasnya sudah terseleksi, karena umumnya punya posisi LDR yang cukup baik,” tutur Zulkifli Zaini yang juga Ketua Ikatan Bankir Indonesia.

Sementara itu Direktur Utama Bank Lampung Eria Desomsoni mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak.

"Kami tentu merasa bangga, karena kinerja dan inovasi yang telah dilakukan Bank Lampung mendapatkan apresiasi dan ini pasti akan kami jadikan sebagai motivasi untuk selalu memberikan produk dan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah Bank Lampung, serta memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi daerah," kata Eria.

Menurut dia, bagi Bank Lampung, penghargaan ini merupakan penghargaan bergengsi skala nasional yang ke 3 yang diperoleh di tahun 2019, sebelumnya Bank Lampung juga mendapatkan penghargaan Top BUMN 2019' versi Majalah TopBusiness dan 'Digital Brand Awards 2019' versi Majalah Infobank. (iwd).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kunjungan Kerja Proyek Food Systems, Land Use ...

MOMENTUM, Semarang--Tim Deputy National Project Director Folur me ...


Maret 2024, BI: Indeks Keyakinan Konsumen Lam ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Keyakinan masyarakat Lampung terhadap ki ...


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com