Mantap...! Pekon Kampungjawa Punya Program Inovatif Bidang Pendidikan dan Kesehatan

Tanggal 10 Jul 2019 - Laporan - 757 Views
Peratin Pekon Kampungjawa Arief Mukti

Harianmomemntum.com--Inovasi dan kreatifitas sangat diperlukan untuk mengoptimalkan perecanaan dan efektifitas pelaksanaan program pembangunan.

Prinsip tersebut yang menjadi dasar perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan di Pekon/Desa Kampungjawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat.

Program inovatif yang diterapkan masyarakat dan aparatur Pekon Kampungjawa adalah dibidang pendidikan dan kesehatan. Untuk bidang pendidikan, bentuknya berupa pemberian dana santunan pendidikan kepada pelajar lulusan  Sekolah Menengah Atas yang diterima melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri.

"Program santunan pendidikan untuk pelajar yang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi ini, merupakan hasil kesepatakan musyarawah warga. Dasarnya, banyak anak-anaka Pekon Kampungjawa yang berkuliah di perguruan tinggi, kesulitan memenuhi biaya pendidikan," kata Peratin Pekon (kepala desa) Kampungjawa Arief Mukti pada Harianmomentum.com, Rabu (10-7-2019).

Besaran dana santunan yang diberikan Rp1,5 juta perorang.

"Sumber dananya dari program dana desa tahun 2019. Saat ini sudah ada 13 orang yang sudah memberikan data ke pihak pekon, untuk mendapatkan dana satunan pendidikan itu," terangnya.

Selain di bidang pendidikan, pengelolaan dana desa Pekon Kampungjawa juga dialokasikan untuk program kesehatan melalui Kartu Pekon Sehat.

Pembiyaan Kartu Pekon Sehat itu juga dialokasikan dari program dana desa. Peruntukanya bagi warga tidak mampu, yang tidak terdaftar dalam kepersertaan program Kartu Indonesia Sehat.

"Sampai saat ini, sudah ada 250 jiwa warga Pekon Kampungjawa yang menerima Kartu Pekon  Sehat. Lainya sudah masuk daftar peserta KIS dan BPJS Mandiri," ungkapnya.

Dia berharap, dengan berbagai program inovatif tersebut, seluruh warga Pekon Kampungjawa, lebih mudah mendapatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan. 

"Sekarang seluruh warga Pekon Kampungjawa, sudah bisa menikmati pelayanan kesehatan melalui program Kartu Pekon Sehat, Kartu Indonesia Sehat dan BPJS mandiri. Di bidang  pendidikan juga sudah sangat terbantu. Semoga ini semua bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harapnya. (asn)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


62 ASN di Lampung Dilaporkan ke KASN, 45 Terb ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sepanjang tahun 2020-2024, 62 aparatur s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com