Pemkab Lamteng dan UGM Jalin Kerja Sama

Tanggal 21 Jul 2019 - Laporan - 949 Views
Bupati Lamteng Lokeman Djoyosoemarto bersama Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU mendandatangani nota kesepahaman kerja sama

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, menandatangani Nota Kesepahaman kerja sama atau  memorandum of understanding (MoU) bidang  pendidikan dan agrobisnis.

Penandatangan MoU berlangsung di ruang Rektorat Kampus UGM Yogyakarta. MoU tersebut ditandatangani Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto dan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., Jumat (19-7-2019).

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengatakan, kerja sama tersebut bertujuan meningkatkan potensi sumber daya alam dan manusia untuk  mendukung keberhasilan pembangunan di kabupaten setempat.

“Salah satu sasaran yang ingin kita capai melalu kerja sama ini adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, melalui upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan agribisnis," kata bupati.

Menuru bupati kerja sama itu searah dengan upaya pengembangan potensi sumber daya alam bidang pertanian yang dimiliki Kabupaten Lamteng.

"Ruang lingkup nota kesepahaman ini juga meliputi bidang-bidang lain seperti pertanian dan peternakan, pariwisata, lingkungan hidup, serta perencanaan wilayah. Ada hal yang sangat penting yaitu, 

Pemkab Lampung Tengah diberi kesempatan mengirim SDM tamatan SLTA untuk  kuliah di UGM tanpa tes, selama empat tahun," ungkapnya.

Nantinya, lanjut dia, pengiriman tamatan SLTA untuk kuliah di UGM itu, dilakukan melalui seleksi yang selanjutnya direkomendasi oleh bupati.    

Selain itu, setiap tahun UGM  juga akan mengirimkan mahasiswa untuk  melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat atau KKN ke Kabupaten Lamteng.

Dalam MoU itu juga tertuang kerja sama Pengembangan kawasan Muara Cabang Bandar Surabaya menjadi dermaga penyeberangan laut  lintas Jawa dan Sumatera.

Rektor UGM Prof. Ir Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., mengatakan, UGM sebagai universitas yang mengabdi bagi kepentingan nasional, oleh karna itu  dodo aulia juga mengatakan pengembangan kawasan berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam program pembangunan, termasuk Pemkab Lamteng.

"UGM siap mendampingi Pemerintah Kabuapten Lampung Tengah untuk mewujudkan sasaran pembangunan melalui penerapan teknologi, diseminasi peraturan, evaluasi, atau pelatihan terkait bidang-bidang strategis," kata Rektor UGM. (advertorial)




Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dipimpin Sulpakar, Angka Stunting di Mesuji T ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Sulpakar ber ...


Kirab Drumband dan Mobil Hias Meriahkan HUT k ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 ...


Hebat! Pemkot Metro Olah Sampah Organik Jadi ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, memaksimalkan pe ...


Waspada! Kasus DBD Terus Meningkat ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Lam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com