Ditarik Dana Prona Rp300 Ribu, Warga Yosodadi Mengadu ke LSM

Tanggal 06 Jul 2017 - Laporan - 1437 Views
Illustrasi: Foto: Google.

Harianmomentum--Sejumlah warga di Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur,  Kota Metro mengeluhkan penarikan biaya pembuatan sertifikat tanah melalui program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona). Dalam proses pembuatan sertifkat tersebut, warga ditarik biaya berkisar Rp300 ribu hingga Rp350 ribu.

 

Keluhan tersebut dituangkan sejumlah warga dalam sebuah surat laporan yang ditujukan kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemerhati Kinerja Aparatur Negara (Perkara) Republik Indonesia perwakilan Kota Metro.

 

“Kita terima laporan tertulis dari warga terkait penarikan biaya pembuatan sertifikat tanah program Prona. Tentu ini akan kami tindaklanjuti,” kata Ketua LSM Perkara perwakilan Metro Hendrik Ri, Kamis (6/7).

 

Dia mengatakan, penarikan biaya dalam program pembuatan  sertifikat tersebut sudah melanceng, keluar dari prosedur dan aturan yang berlaku.

 

Hendrik menerangkan, penarikan biaya dalam program Prona tertuang dalam Peraturan Keputusan Bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN dan Menteri Dalam Negeri serta  Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  25 /SKB/V/2017 No 590-3167A tahun 2017,  Nomor 34 tahun 2017 Tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis.

 

“Dalam peraturan bersama itu disebutkan biaya pendaftaran pembuatan sertifikat tanah dalam program Prona hanya Rp200 ribu.  Jadi kalau ada yang menarik dana lebih  dari itu, jelas melanggar aturan,”  terangnya.

 

Dia berjanji,  dalam waktu dekat akan mengambil langka menindaklanjuti keluhan masyarakat tersebut. “Secepatnya kita koordinasi dengan pihak terkait: BPN dan  para penegak hukum,” tegasnya.

(sya/pie)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Jadi Saksi Kasus Korupsi, Inspektur Inspektor ...

MOMENTUM, Kotabumi--Menjadi saksi kasus dugaan tindak pidana koru ...


Komplotan Curanmor di Lamteng Diamankan, Satu ...

MOMENTUM, Padangratu--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi P ...


Peringati Hari KI, Kemenkumham Sebut 10 Ribu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham ...


Kapolres Pimpin Sertijab 10 Kapolsek di Lamte ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnom ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com