Pelajar Lampung Ikuti Program Siswa Mengenal Nusantara

Tanggal 06 Agu 2019 - Laporan - 720 Views
Suasana kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri (BUMN) di Provinsi Lampung./ist

Harianmomentum.com--Sebanyak 23 pelajar Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Provinsi Lampung mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ke Maluku Utara pada Rabu 14 Agustus 2019.

Program BUMN Hadir Untuk Negeri oleh Kementerian BUMN di Provinsi Lampung diprakarsai PT Bukit Asam Tbk bersama PT Brantas Abipraya (Persero) dan PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero),  dalam sosialisasi kegiatan di Crystal Ballroom Emersia Hotel Bandarlampung, Selasa (6-8).

Sedangkan, Provinsi Lampung juga akan menerima kedatangan tim SMN dari Maluku Utara yang akan mempelajari dan mengenal kebudayaan Lampung, pada 13 Agustus 2019.

Spesialis Pengembangan Komunitas PT Bukit Asam Tbk Salman Yusuf menuturkan, saat ini peserta SMN di Lampung sedang mengikuti pembekalan yang akan berlangsung hingga 8 Agustus 2019.

"Kegiatannya seperti pengenalan budaya, jadi mereka bertukar budaya dan kesenian. Selain itu juga ada bela negara yang akan diberikan materinya oleh Korem (043 Garuda Hitam) dan beberapa kegiatan lainnya," ungkap Salman.

Salman melanjutkan, para siswa nantinya akan bertukar informasi dan saling belajar mengenai kebudayaan masing-masing daerah sehingga memperkaya wawasan tentang daerah-daerah yang ada di Indonesia pada program SMN, termasuk melakukan kunjungan lapangan ke beberapa perusahaan BUMN yang ada di daerah yang dikunjungi.

"Biasanya setelah SMN mereka (peserta SMN) masih terus berhubungan, mereka punya grup sendiri, sehingga silaturahmi tidak putus. Memang sasarannya seperti itu supaya NKRI ini nggak akan terpecah. Kan kita yang khawatir adalah perkelahian antar pelajar, dengan kegiatan ini harapannya bisa dikurangi dan mereka bisa menjadi duta di masing-masing kabupatennya," jelasnya.

Manajer Kesekretariatan dan Humas PT Brantas Abipraya (Persero) Rudi Pudianto menambahkan, nantinya peserta SMN akan didampingi oleh guru teladan, termasuk untuk siswa dengan disabilitas.

Sebagai informasi, Siswa Mengenal Nusantara merupakan salah satu rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019 di Lampung yang tanggungjawabnya dilaksanakan oleh PT Bukit Asam Tbk, PT Brantas Abipraya (Persero) dan PT Kawasan Berikat Nusantara pada bulan Agustus ini.

Selain itu, bertepatan dengan HUT RI ke-74 pada 17 Agustus 2019 nanti, BUMN Hadir Untuk Negeri juga akan menggelar Upacara Bendera bersama dengan seluruh BUMN di Lampung, Organisasi Perangkat Daerah, peserta Sekolah Mengenal Nusantara (SMN) serta masyarakat di M Beach Lampung.

Dalam peringatan kemerdekaan ini, akan disampaikan berbagai bantuan untuk Pemenuhan Kebutuhan Dasar untuk masyarakat secara simbolis mulai dari Pasar Murah, bantuan Rumah Masyarakat, Sarana Air Bersih serta bantuan Elektrifikasi dan MCK.

Melalui program Rumah Masyarakat akan disampaikan bantuan renovasi untuk 10 rumah, Elektrifikasi berupa bantuan listrik untuk 50 rumah tangga dan MCK untuk 50 pintu.

Bantuan Rumah Masyarakat dan MCK ini merupakan kerjasama antara Bukit Asam, Kawasan Berikat Nusantara dan Brantas Abipraya dengan Korem 043 Garuda Hitam.

Sehari setelahnya, juga diadakan kegiatan jalan sehat, berbagai perlombaan dan pasar murah dengan melibatkan masyarakat sekitar di Lapangan Korpri Kalianda, Lampung Selatan pada 18 Agustus 2019.

Termasuk juga kuliner gratis, pameran mitra binaan, cek kesehatan serta donor darah dan program bersih lingkungan pada hari tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Manajer SDM, Umum dan Keuangan PTBA Ketut Sukra Yadnya, Staf SM CSR PTBA Muhammad Nuh, Manajer Kesekretariatan dan Humas PT Brantas Abipraya (Persero) Rudi Pudianto dan Kepala Bidang PKBL PT Kawasan Berikat Nusantara Fitriani.(iwd)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com