BPBD Pringsewu Siap Salurkan Bantuan Air Bersih

Tanggal 27 Agu 2019 - Laporan - 481 Views
Kepala BPBD Pringsewu M Khotim

MOMENTUM, Pringsewu--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pringsewu siap memasok air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga, akibat kekeringan.

Kepala BPBD Pringsewu M Khotim mengatakan, hingga saat ini belum menerima laporan dari para kepala pekon/desa, terkait kekeringan.   

"Sampai saat ini belum ada laporan. Kalau ada laporan, tentang kebutuhan air bersih kami segera bantu," kata M Khotim pada Harianmomentum.com, Selasa (27-8-2019). 

Terkait bantuan 24 ribu liter air bersih yang telah didistribusikan  Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung ke warga Pekon Banjarsari, Kecamatan Banyumas , BPBD Pringsewu menyampaikan apresiasi dan terima kasih.  

"Beberapa hari lalu, memang ada bantuan air bersih dari ACT Lampung. Ya, kita ucapan terimakasih. Bahkan nanti, jika kita kekurangan air maka akan menghubungi ACT lagi,"terangnya.

Menurut dia, saat ini BPBD Pringsewu hanya memiliki dua mobil damkar yang bisa digunakan untuk memasok air bersih kepada warga. Selain itu, pemberian bantuan air bersih, lanjut dia, harus bekerja sama dengan pihak PDAM setempat.

"Kita perlu kerja sama dengan semua pihak, terutama PDAM untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih," jelasnya.

Dia mengimbau, warga untuk lebih efesien menggunakan air bersih  di musim kemarau saat ini.

"Masyarakat harus lebih efesien menggunakan air bersih. Selain itu hindari aktifitas yang bisa memicu timbulnya bencana kebakaran, seperti membakar sampah sembarangan," imbaunya.

Berdasarkan data BPBD setempat, sejumlah pekon/desa pada beberapa kecamatan masuk kategori rawan kekeringan, antara lain: di Kecamatan Pringsewu, Kelurahan Pajaresuk dan Pekon Sidoharjo Dusun IV. 

Kecamatan Ambarawa meliputi: Pekon Ambarawa Barat. Kecamatan Pardasuka: Pekon Sidodadi, Kecamatan Gadingrejo: Pekon Tegalsari, Parerejo dan Pekon Blitarejo.

Lalu Kecamatan Sukoharjo:Pekon Sukoharjo II dan III, Panggungrejo, Waringinsari Barat dan Sukoharjo III Barat. Kecamatan Adiluwih: Pekon Bandungbaru, Warginsari Timur, Purwodadi, Sukoharum, Tritunggal Mulyo dan Pekon Enggalrejo.

Kecamatan BanyumasLPekon Banyumas, Banyuwangi dan Banyuurip. Kecamatan Pagelaran Utara: Pekon Fajar Baru, Kemilin, Fajarmulya dan  Pekon Giritunggal. (lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


62 ASN di Lampung Dilaporkan ke KASN, 45 Terb ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sepanjang tahun 2020-2024, 62 aparatur s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com