Kandang Kambing di Metro Ludes Terbakar

Tanggal 09 Sep 2019 - Laporan - 830 Views
Petugas memasang garis polisi di areal kebakaran kandang kambing di Kota Metro./Opie

MOMENTUM, Metro--Kandang kambing milik warga di Jalan WR Supratman nomor 06 RT 31 RW 12 Kelurahan Hadimulyo Timur, Kecamatan Metro Pusat ludes terbakar. Akibatnya, sebanyak 40 ekor turut hangus dalam kejadian tersebut, Senin (9-9-2019).

Ketua RW 12 kelurahan setempat Edi Saputra mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 05.15 WIB yang diduga akibat korsleting listrik.

"Api sudah merambat dari pojok kandang kambing. Kalau kambingnya ada sekitar 150-an tapi alhamdulillah yang bisa kita amankan sekitar 100-an kambing," katanya.

Dia menambahkan, kebakaran kandang milik Muhammad Hanafi yang merupakan keponakannya tersebut menyebabkan kerugian sekitar ratusan juta rupiah karena sebanyak 40 ekor kambing ikut terbakar.

"Yang sudah teridentifikasi dan tidak bisa diselamatkan sekitar 40 ekor kambing, yang lainnya belum terlihat. Kalo kerugian ditaksir mencapai Rp100jt," ujarnya.

Pihak keluarga berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Metro dapat membantu korban dalam menghadapi musaibah tersebut.

"Keponakan saya masih trauma, kalau harapannya ada bantuan dari Pemkot, minimal dalam pembenahan akibat kejadian itu," pungkasnya.

Berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) Polsek setempat, kebakaran disebabkan korsleting listrik.

"Diduga kuat akibat hubungan pendek arus listrik, karena berdasarkan hasil olah TKP ditemukan kabel listrik yang terbakar dan tidak sesuai dengan kebutuhannya. Ada percikan api dari kabel, sehingga membakar kandang yang terbuat dari kayu dan terdapat benda yang mudah terbakar," kata Bhabinkamtibmas Hadimulyo Timur Brigpol Rifai Kurniawan.

Diungkapkannya, api dapat dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran setelah setengah jam. Polisi mengimbau agar warga dapat menggunakan kabel listrik sesuai kebutuhan supaya kebakaran yang disebabkan oleh konsleting listrik tak kembali terulang.

"Proses pemadaman berlangsung selama setengah jam oleh Tim damkar yang dibantu polisi dan warga. Saya mengimbau warga untuk menggunakan kabel yang SNI dan dapat memenuhi kapasitas arus listrik yang dibutuhkan, jangan sampai melampaui kapasitas dari kabel itu sendiri," pungkasnya. (pie) 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Gagalkan Aksi Curanmor, Kapolresta Bandarlamp ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol Abdu ...


IWO Lampung Dukung Kepolisian Perangi Hoax Je ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi La ...


Polisi Masih Selidiki Penyebab Kematian Pelaj ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Satuan Reskrim (Satreskrim) Polres Lampung ...


Balita di Lamteng Jadi Korban Pencabulan ...

MOMENTUM, Anakratuaji--Pria paruh baya berinisial SK (46), ditang ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com