258 Marinir Brigif 4 Piabung Ikut Latihan di Belitung

Tanggal 04 Nov 2019 - Laporan - 923 Views
Pasukan Brigif 4 Marinir/BS Piabung, Lampung. Foto. Ist.

MOMENTUM, Piabung--Brigade Infantri (Brigif) 4 Marinir Berdiri Sendiri (Mar/BS) Piabung, Kabupaten Pesawaran, memberangkatkan 258 prajurit terbaiknya ke Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (2-11-2019).

Prajurit yang tergabung dalam Batalyon Tim Pendarat (BTP) itu akan mengikuti Latihan Satuan Lanjutan (LSL)-II Darat/Laut (Da/La).

Danbrigif 4 Mar/BS, Kolonel Mar Ahmad Fajar turut hadir dalam latihan yang melibatkan hampir 1000 personil pasukan, 16 tank amfibi dan alat persenjataan lainnya. 

Dalam latihan tersebut dilaksanakan pendaratan tank amfibi, penembakan artileri, dan perebutan Kota Tanjungpandan. Serta 2 roket multilaras lainnya kaliber 122 mm vampire dan 2 roket Howitzer 105 mm yang ditembakkan para prajurit dengan menempuh sasaran tembak sejauh 10 kilometer ke arah musuh di area bekas tambang pada Desa Terong.

"Setidaknya ada 16 unit tank amfibi yang mendarat dengan rincian, 3 unit jenis Tank BMP3 F, 7 unit Tank berjenis BTR 50, 2 unit Tank BTR 4, 2 unit Tank LVT 7 A1 dan 2 unit Tank Kapa K61," ujar Ahmad Fajar melalui rilis yang diterima Harian momentum, Senin (4-11-2019).

Pendaratan pasukan dimulai dari Pasukan BTP yang salah satunya dikomandoi Letkol Mar Syamsul Bahri sebagai Danpasrat. Persiapan pasukan di KRI Banda Aceh kemudian diangkut menggunakan kendaraan tempur amfibi menuju dan menguasai pantai pendaratan di Pantai Siantu Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Setelah pantai dapat dikuasai, pasukan BTP melanjutkan operasi darat KSIT untuk merebut sasaran Pasrat. 

Latihan Tempur TNI AL oleh Korps Marinir di Negeri Laskar Pelangi ini dihadiri langsung oleh Komandan Korps Marinir, Mayjend TNI (Mar) Suhartono; Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 1, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah; Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung, H Abdul Fatah; dan Bupati Belitung, H Sahani Saleh untuk menyaksikan langsung bagaimana prajurit Korps Marinir mengikuti berbagai rangkaian latihan dengan gigih di pesisir pantai tersebut.

Latihan ini merupakan latihan rutin, bagian dari latihan bertingkat dan berlanjut guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Marinir sebagai Prajurit Matra Laut. (rls/iwd).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kapolres Pimpin Sertijab 10 Kapolsek di Lamte ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnom ...


Penuhi Kepercayaan Masyarakat, Polres Lampung ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Satuan Reskrim (Satreskrim) Polres Lampung ...


Kajari Lampura Ajak Wartawan Ikut Kegiatan So ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lampung Ut ...


Salah Paham Berujung Maut, Seorang Pemuda di ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Bermula dari saling ejek dijalan saat meng ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com