OSN Tingkat Kabupaten Lampura, 196 Pelajar SMP Bersaing Unjuk Kemampuan Akademik

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara, Suwandi memantau pelaksanaan a OSN SMP tingkat kabupaten setempat. Foto: dok. H-momen

Harianmomentum-Sebanyak 196 pelajar SMP dari 23 Kecamatan di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) bersaing dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2017 tingkat kabupaten setempat. 

Kegiatan yang dipusatkan di SMP Negeri 3 Kotabumi itu, dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampura, Suwandi, Sabtu (11/3).

Dalam sambutannya, Suwandi mengatakan OSN merupakan media pengembangan kemampuan siswa di bidang akademik dan sains. Tujuannya untuk membentuk pelajar (generasi penerus) yang handal dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Mereka yang berkompetisi dalam OSN ini adalah pelajar pilihan dari masing-masing wilayah kecamatan. Selamat berkompetisi. Semoga ajang ini dapat melahirkan generasi penerus yang handal dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Suwandi.

Dia juga mengingat para guru dan orang tua untuk senantiasa memberikan pendampingan dan motivasi kepada anak didik dan putra-putrinya.

"Kualitas siswa sangat dipengaruhi pola dan kualitas guru serta orang tua dalam memberikan pemahaman dan bimbingan,” imbaunya.

Suwandi berharap, penilaian dalam ajang tersebut benar-benar dapat dilakukan secara obyektif.  Sehingga, nantinya menghasilakan para juara yang layak  mewakili Kabupaten Lampura pada ajang yang sama di tingkat Provinsi Lampung.

Terpisah, Istohadi ketua pelaksana kegiatan tersebut mengatakan ada tiga mata pelajaran yang diujikan dalam OSN tersebut. 

“Tiga mata pelajar yang diujikan dalam OSN kali ini meliputi, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial,“ kata Istohadi. (Red)

Leave a Comment