Puluhan Poktan di Pesibar Terima Bantuan Alsintan

Tanggal 11 Feb 2020 - Laporan - 558 Views
Sekdakab Pesisir Barat N Kusuma Lingga secara simbolis menyerahkan bantuan alistan kepada kelompok tani

MOMENTUM, Pesisir Selatan--Puluhan kelompok tani dari enam kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menerima bantuan peralatan dan mesin pertanian (alsintan).

Bantuan dari Kementerian Pertanian itu secara simbolis diserahkan Sekretaris Daerah Kabupaten (sekdakab) Pesibar N Lingga Kesuma mewakili Bupati Agus Istiqlal. Penyerahan bantuan berlangsung di Lapangan Kantor Kecamatan Pesisir Selatan, Selasa (11-2-2020).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesibar Muhammad Azis dalam laporanya menyampaikan, ada 39 poktan yang menerima bantuan alistan kali ini. Poktan tersebut berasal dari enam kecamatan: Pesisir Tengah, Krui Selatan, Pesisir Selatan, Ngambur, Ngaras dan Kecamatan Bengkunat.

Bantuahn alistan itu berupa: tujuh unit hand traktor, 30 unit mesin pompa air, dua unit Cultivator (alat penyiang/pengolahan tanah)  dan sepuluh unit handsprayer (alat penyemprot hama).

"Tahun ini ada 567 poktan di Kabupaten Pesisir Barat yang akan menerima bantuan alsintan, dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, 39 diantaranya diserahkan hari ini," kata Azis.

Bantuan tersebut, lanjut dia, merupakan upaya untuk meningkatkan produksi tanaman pangan.

Sekdakab Pesibar N Lingga Kusuma dalam sambutanya, berharap bantuan tersebut dapat digunakan dengan baik sesuai peruntukan meningakatkan produktivitas tanaman pangan (padi).

Saat ini, lanjut dia, total luas lahan pertanian di Kabupaten Pesibar mencapai lebih bdari 65.349 hektare. Lahan pertanian itu terdiri dari: lahan sawah 8.745 hektare dan 20.553 ha merupakan tegalan.  

Rata-rata setiap tahun produksi padi Kabupaten Pesibar mencapai 88.246 ton gabah kering giling atau 5,1 ton per hektar 

"Tahun ini, produksi padi Kabupaten Pesibar ditargetkan 117.870 ton. Sedangkan  jagung  28.783  ton  dan kedelai 3.440 ton," kata Sekdakab.

Untuk mencapai target tersebut, lanjut dia, telah ditetapkan sejumlah upaya strategis, antara lain: penambahan luas areal tanam, penggunaan beni unggul dan penggunaan alisitan. (asn) 


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


62 ASN di Lampung Dilaporkan ke KASN, 45 Terb ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sepanjang tahun 2020-2024, 62 aparatur s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com