Mesuji Bangun Gedung Perpustakaan di Brabasan

Tanggal 12 Mar 2020 - Laporan - 1127 Views
Perpustakaan keliling di SD 14 Wayserdang, Mesuji. Foto. Fahrul.

MOMENTUM, Wayserdang--Pemerintah Kabupaten Mesuji pada tahun ini memulai pembangunan Gedung Perpustakaan di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjungraya.

"Mohon doa dan dukungan agar gedung perpustakaan tersebut selesai sesuai rencana," kata Bunda Literasi Kabupaten Mesuji NellyWati Saply TH. 

Nelly menyampaikan hal itu saat mengikuti layanan perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji sekaligus pembinaan pustakawan sekolah dasar (SD) di SD 14 Wayserdang, Kamis (12-03-2020).

Pemerintah Kabupaten Mesuji memahami, menciptakan masyarakat pembaca memerlukan sarana dan prasarana yang memadai. 

Selain sedang membangun gedung perpustakaan, kata dia, pemerintah setempat juga menggiatkan perpustakaan keliling. Hal ini diharapkan mendorong minat baca dan mempercepat penyebaran informasi.

"Sekarang sudah zamannya pelayanan jemput bola. Kami mudahkan dan layani dengan maksimal bagi anak-anak sekolah serta masyarakat luas yang membutuhkan bacaan," katanya.

Mobil perpustakaan keliling menyediakan buku-buku baru yang bisa dibaca oleh masyarakat. Selain itu, kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari membaca, menjadi indikator kemajuan suatu bangsa.

Masyarakat dapat mengembangkan diri melalui pengetahuan yang diperoleh melalu membaca. Fasilitas dan sarana membaca yang kini disiapkan pemerintah antara lain melalui perpustakaan keliling.

Ketersediaan buku melalui perpuskataan, kata dia, merupakan keharusan bagi dunia pendidikan. "Mutu pendidikan akan menjadi lebih berkualitas jika tersedia perpustakaan. Tentu, anak didiknya harus didorong gemar membaca," katanya. 

Buku mencerdaskan bangsa. Perpustakaan berperan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan, sekaligus menjadi tempat rekreasi menyenangkan dan menyegarkan bagi pelajar dan masyarakat.

Karena itu, pemerintah memberikan perhatian lebih pada kegiatan literasi. "Hal ini sangat penting dalam upaya menjalankan kewajiban pemerintah mencerdaskan masyarakat," katanya.(*).

Laporan: Fahrul Roshid.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com