Tim Covid-19 Lambar Sebut Belum Ada Penularan Transmisi Lokal

Tanggal 08 Mei 2020 - Laporan - 589 Views
Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lambar menyampaikan perkembangan kasus covid-19 di kabupaten setempat

MOMENTUM, Liwa--Hingga saat ini belum ada kasus positif covid-19 di Kabupaten Lampung Barat yang disebabkan penularan transmisi lokal.

Dari empat kasus positif covid-19 di kabupaten setempat, seluruhnya terjadi akibat penularan daru luar daerah.

"Hasil tracing kita, empat kasus positif covid-19 di Lampung Barat disebabkan penularan luar daerah. Artinya belum ada, penularan transmisi lokal," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lambar Paijo, Jumat (8-5-2020).

Dia menerangkan, ada dua daerah menjadi kalster penularan covid-19 di Lambar:  Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Magetan, Provinsi Jawa Timur (Jatim). 

Penularan transmisi Gowa masuk ke Lambar melalui jemaah tablik akbar se-Asia asal Kecamatan Sekincau yang terkonfirmasi positif corona pertama di Lambar.

Sedangkan untuk transmisi Magetan, penularannya melalui santri dari Pondok Pesantren Al Fatah Temboro. Dua dari 16 santri yang pulang dari pondok pesantren tersebut diyatakan positif corona.

"Penularan bukan transmisi lokal seperti sebutan di Kota Bandarlampung saat ini. Melainkan penularan dari luar kota," terangnya.

Meski demikian, Tim Gugus tugas Covid-19 Lambar belum mengetahui asal penularan satu pasien positif berjenis kelamin perempuan berinisial S warga Kecamatan Sekincau.

"Hasil penelusuran tidak ditemukan aktifitas pasien S pernah kontak langsung dengan kasus pertama. Tapi bisa jadi kontak tidak langsung atau melalui orang lain. Kita juga telah kordinasi dengan provinsi, namun belum ada jawaban," terangnya. (**)

Laporan: Sulemy

Editor: MUnizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com