Dua Warga Pesibar Positif Covid-19

Tanggal 04 Jun 2020 - Laporan - 896 Views
Kepala Dinkes Pesibar, Tedi Zadmiko.

MOMENTUM, Krui--Dua warga Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) dinyatakan positif terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) berdasarkan hasil swab PCR yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Kepala Dinkes Pesibar, Tedi Zadmiko mengatakan tiga warga yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, satu diantaranya negatif yaitu MA (18) warga Pekon/Desa Negeriratu Ngambur Kecamatan Ngambur.

Hal tersebut berdasarkan hasil swab PCR yang keluar persisnya pada, Rabu (3/6) kemarin.

"Rabu kemarin hasil swabnya sudah kami terima, dan dua warga dari tiga orang itu dinyatakan positif terpapar Covid-19," ucap Tedi, Kamis (4-6-2020).

Menurut Tedi, tambahan dua warga yang dinyatakan positif tersebut merupakan orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 sebelumnya yang berasal dari Kecamatan Waykrui dan Pesisir Selatan.

"Tambahan dua warga yang dinyatakan positif itu yakni teman dari FP (13) warga Pekon Ulukrui Kecamatan Waykrui dan kakak kandung AR (19) warga Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan. FP dan AR merupakan santri Pondok Pesantren Temboro, Magelang, yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19," terang Tedi.

"Dengan demikian jumlah positif Covid-19 di Pesibar saat ini sebanyak empat orang, sedangkan satu orang dinyatakan negatif atau sembuh," sambungnya.

Sebelumnya, Dinkes Pesibar melakukan rapid test terhadap 81 orang yang diduga melakukan kontak langsung dengan tiga orang positif Covid-19. Hasilnya, delapan orang mengarah ke reaktif. "Setelah dilakukan swab dari delapan orang tersebut, dua diantaranya dinyatakan positif," jelasnya.

Masih kata Tedi, saat ini empat orang positif Covid-19 dimaksud berikut dengan keluarganya sudah diminta untuk melakukan isolasi mandiri secara patuh. "Kami juga sudah meminta tim gugus tugas baik kecamatan maupun pekon, untuk melakukan pemantauan secara ketat," tegas Tedi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga dipastikan akan melakukan langkah-langkah lainnya seperti melalukan tracking terhadap orang-orang yang berkemungkinan melakukan kontak langsung dengan keempat orang positif Covid-19 itu untuk dilakukan rapid test. "Kami juga membuka diri bagi siapa saja masyarakat yang merasa dirinya sudah melakukan kontak dengan keempat orang itu, agar dilakukan tindakan sesuai protokol Covid-19," tuturnya.

Tedi juga terus mengimbau masyarakat Pesibar untuk tetap tidak panik dengan bertambahnya warga yang dinyatakan positif itu. "Intinya kita harus tetap mematuhi imbauan pemerintah, tidak perlu keluar rumah jika tidak terlalu mendesak, jaga jarak, gunakan masker, dan selalu menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," pungkasnya.(**)

Laporan: Agung Sutrisno

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com