RSUD Menggala Siap Lakukan Pemeriksaan Covid-19

Tanggal 09 Jun 2020 - Laporan - 1327 Views
Plt Direktur RSUD Menggala dr. Lukman Pura. Foto. Rohman.

MOMENTUM, Menggala--Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala, Kabupaten Tulangbawang, saat ini dapat melakukan pemeriksaan virus corona virus disease 2019 (Covid-19). 

"Kapasitas pemeriksaannya sebanyak 40 sampel salama 5-6 jam per hari," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Menggala dr. Lukman Pura, kepada Harianmomentum.com. Selasa (9-6-2020).

Menurut Lukman, RSUD Menggala telah menerima bantuan alat TCP (tes cepat molekuler) atau PCR (polymerase chain reaction) yang berfungsi untuk menganalisis TB (tuberculosis) 1 dan Covid-19. "Proses swab untuk diagnosis Covid-19 sudah bisa dilalakukan sendiri," katanya.

Pada bagian lain dia menjelaskan RSUD Menggala sejak pandemi Covid-19 berupaya maksimal memberikan pelayanan dalam pencegahan maupun penanganan kasus Covid-19. 

Rumah sakit yang juga ditunjuk menangani pasien yang terpapar Covid-19, kata dia, memiliki sarana dan prasarana yang cukup, seperti ruang isolasi dan ruang ICU.

Bahkan, RSUD menggala siap menerapkan kebijakan new normal. Untuk ini, akan disiapkan standar dan budaya baru, baik sistem pelayanan maupun manajemen. Mulai dari mengoptimalkan kembali pelayanan rawat jalan, rawat inap dan instalasi gawat darurat (IGD) dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan.

Diantara standar yang diterapkan, misalnya, mengukur suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak minimal satu meter dan memperhatikan hal lainnya terkait pemeriksaan pasien baik pada rawat jalan maupun rawat inap serta memprioritaskan keselamatan pasien dan keselamatan tenaga medis. 

Namun jam berkunjung/jam besuk pasien tetap ditiadakan dan jumlah penunggu atau pendamping pasien dibatasi maksimal dua orang. "Semua dilakukan untuk kebaikan bersama," katanya. (*).

Laporan: Abdul Rohman.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com