Pemkab Tubaba Kekurangan Ventilator untuk Rawat Pasien Covid

Tanggal 24 Sep 2020 - Laporan - 537 Views
RSUD Tulangbawang Barat. Foto. Shn.

MOMENTUM, Panaragan--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menyiapkan 11 ruangan untuk isolasi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Majril, ruangan untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan ada warga yang terjangkit virus Corona, dinilai sudah memadai. 

Namun, kata dia, peralatannya terbatas, terutama alat-alat untuk penanganan jika terjadi kegawatdaruratan nafas atau ventilator. 

Dijelaskan Majril, bahwa virus Corona menyerang saluran atau sistem pernafasan. Kebanyakan pasien yang terkonfirmasi postif Covid-19, rata-rata timbul gejala batuk, pilek, demam, nyeri tenggorokan dan sesak nafas. Hal itu akibat tersumbatnya saluran pernafasan karena banyaknya sekret atau lendir, maka butuh alat ventilator. 

“Beberapa hari yang lalu, kami ketahui ada enam kabupaten di Lampung yang mendapatkan bantuan ventilator dari Fraksi Partai Gerindra DPR RI melalui Pemerintah Provinsi Lampung," katanya, Kamis (24-9-2020). 

Majril mengatakan, Pemkab Tubaba juga mengajukan proposal ke DPR RI melalui Fraksi Gerindra. Dia berharap, permohonan atau proposal yang kami ajukan ditindaklanjuti dan terealisasi.

"Untuk antisipasi terhadap kemungkinan ada warga yang terjangkit Covid-19. Tentu, hal ini tidak kami harapkan terjadi," katanya. (*)

Laporan: Solihin

Editor: M Furqon.


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com