Bendungan Gerak Jabung Resmi Beroperasi

Tanggal 29 Sep 2020 - Laporan - 1698 Views
Kepala Balai Besar Sungai Mesuji-Sekampung Abdul Mu'is meresmikan pengoperasian Bendungan Gerak Jabung

MOMENTUM, Wawaykarya--Sistem pengairan lahan persawahan di Kabupaten Lampung Timur akan semakin maksimal. Itu menyusul mulai beroperasi Bendungan Gerak Jabung. Beroperasinya bedungan yang berlokasi di Desa Margabatin, Kecamatan Wawaykarya itu ditandai penandatanganan prasasti peresmian oleh Kepala Balai Besar Sungai Mesuji-Sekampung Abdul Mu'is, Selasa (29-9-2020).  

Abudl Mu'is mengatakan, bendungan tersebut akan mengairi lahan persawahan seluas 5.638 hektare. 

"Kedapan, kita akan kembali membangun aliran bendungan ini yang dapat mengairi lahan persawahan seluas 10 ribu hektare," kata  Abdul Mu'is. 

Selain itu untuk lebih mengoptimalkan fungsi Bendung Gerak Jabung, pemerintah berencana kembali membangun bendungan di wilayah Kecamatan Margatiga.

Dia berharap, seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah dapat berperan aktif menjaga bendungan tersebut akan terus dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

"Terima kasih kepada aparat TNI Polri, forkopimcam dan kepala desa yang telah membantu untuk menyelesaikan permasalahan kepada masyarakat yang terkena dampak genangan air akibat dibangunya bendungan ini. Mari kita jaga bendungan ini agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya," harapnya.

Direktur Pengamanan Obyek Vital (Dirpam Obvit) Polda Lampung Kombes Pol.Yusmaan Jaya mengatakan, pihakany siap mengamankan pengoperasian Bendungan Gerak Jabung, agar tetap berfungsi dan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

"Pembangunan Bendungan Gerak Habung merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mempunyai kekuatan hukum  sebagai obyek vital yang berdampak bagi masyarakat. Karena itu kami dibantun aparat TNI sepenuhnya akan mengamankan fungsi bendungan ini," kata Kombes Pol.Yusmaan. 

Turut hadir pada peresminan tersebut; Kapolres Lamtim, Dandim 0429/Lamtim, jajaran forum komunikasi pimpinan kecamatan serta kepala desa di wilayah setempat. (**)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


62 ASN di Lampung Dilaporkan ke KASN, 45 Terb ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sepanjang tahun 2020-2024, 62 aparatur s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com