Operasi Yustisi, Disiplinkan Warga Jalankan Kebiasaan Baru

Kepolisian Sektor (Polsek) Tegineneng melakukan Operasi Yustisi. Foto. Rft.

MOMENTUM, Tegineneng--Polres Pesawaran kembali menggelar Operasi Yustisi untuk mendisiplinkan masyarakat menjalankan adaptasi kebiasaan baru.

Operasi dilakukan di Jalan Lintas Sumatera, Desa Bumiagung, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Selasa, (29-09-20).

Dipimpin Kapolsek Tegineneng AKP Abdul Roni, dengan melibatkan sepuluh personel. 

Menurut Roni, operasi menyasar pengguna jalan di Jalan Lintas Sumatra, Bumiagung, baik pengendara sepeda motor, mobil, maupun angkutan yang tidak menggunakan masker.

"Kami akan memberikan teguran lisan kepada warga yang tidak menggunakan masker," kata Roni mewakili Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo.

Menurutnya, saat ini pemerintah Kabupaten Pesawaran sudah mengeluarkan peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020 tentang pedoman adaptasi tatanan normal baru, penerapan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Pesawaran.

"Setelah penerapan kegiatan sosialisasi ini dilakukan maka untuk kedepannya terhadap pelanggar yang tidak menjalankan protokol kesehatan nantinya akan diberikan sanksi," katanya.

Sanksi berbentuk sosial ataupun sanksi denda sesuai dengan peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020. "Selama kegiatan Operasi Yustisi tampak sudah banyak warga yang sadar dan mengerti pentingnya menggunakan masker,” ujarnya.

Ia berharap operasi tersebut mampu menjadi metode pendisiplinan masyarakat untuk selalu taat protokol kesehatan.

"Sanksi sosial maupun denda bukanlah merupakan sebuah hukuman namun lebih mengarah sebagai efek jera dan pengingat bagi pelanggar agar sadar pentingnya penerapan Protokol Kesehatan,” katanya. (*)

Laporan: Rifat Arif 

Editor: M Furqon.

Berikan Komentar