Distan Tulangbawang Gelar Vaksinasi Antirabies

Tanggal 29 Sep 2020 - Laporan - 607 Views
Petugas Distan Tulangbawang memberikan vaksin antirabies kepada hewan peliharaan warga di Kampung Kahuripandalem, Kecamatan Menggala Timur

MOMENTUM, Menggala Timur--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melaksanakan program vaksinasi antirabies terhadap hewean peliharaan warga: anjing, kucing dan jenis hewan lain yang bis menularkan penyakit rabies kepada manusia. Kegiatan tersebut dilaksan tim vaksinasi rabies yang dibentuk Dinas Pertanian (Distan) setempat.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Distan Tulangbawang Nasib Subagio mengatakan, kegiatan vaksinasi rabies itu merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun. "Vaksinasi rabies kali ini kita laksanakan di Kampung Kahuripandalem, Kecamatan Menggala Timur. Di kampung itu, banyak warga yang memelihara jenis hewan yang bisa menularkan rabies, terutam anjing," kata Nasib, Selasa (29-9-2020).

Dia menerangkan, tujuan vaksinasi itu untuk mencegah terjadinya penularan penyakti rabies dari hewan ke manusia.

"Penyakit rabies adalah  penyakit yang disebabkan virus. Penularanya melalui liru hewan yang terjangkit virus rabeis. Biasanya penularan terjadi melalui gigitan , cakaran. Penyakit ini merupakan penyakit  Zoonosis yaitu  penyakit yang dapat menular ke manusia," terangnya.

Virus rabies bisa menyebabkan kematian pad manusia. Virus memasuki pembuluh darah dan menyebar di dalam tubuh. Setelah itu, secara perlahan virus akan mencapai otak dan menggandakan diri dengan cepat. Kondisi itu menjadi pemicu terjadinya peradangan berat pada otak dan saraf tulang belakang. "Peradangan ini bisa berisiko dan berpotensi menyebabkan kematian pada orang yang terinfeksi," jelasnya.(**)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


62 ASN di Lampung Dilaporkan ke KASN, 45 Terb ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sepanjang tahun 2020-2024, 62 aparatur s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com