Vaksinasi Covid-19, Pesawaran Tunggu Pedoman Teknis

Tanggal 02 Des 2020 - Laporan - 589 Views
ilustrasi/ist

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran masih menunggu pedoman teknis pelaksanaan vaksinasi pencegahan Covid-19.

Kepala Dinkes Kabupaten Pesawaran Harun Tri Joko mengatakan, pemkab setempat sudah mewacanakan program vaksinasi tersebut, namun saat ini masih menunggu pedoman teknis dari pemerintah pusat.

"Sampai saat ini kita masih menunggu petunjuk pelaksanaan maupun petunjuk teknis untuk melakukan vaksinasi Covid-19 ini," kata Harun pada Harianmomentum.com, Rabu (2-12-2020).

Menurut dia,  sejauh ini pihaknya juga belum mendapatkan informasi resmi terkait rincian vaksin yang akan digunakan untuk pencegahan covid-19.

"Kalau dari informasi yang kita dapat, sekarang masih dilakukan uji klinis terhadap vaksin tersebut,sebab covid-19 ini kan tergolong penyakit baru. Makanya perlu uji klinis yang mendalam untuk menghindari adanya efek samping yang ditimbulkan akibat pemberian vaksin tersebut," terangnya.

Dia melanjutkan, ada beberapa kriteria masyarakat yang menjadi prioritas  vaksinasi tersebut. Prioritas utama  para tenaga kesehatan. Kemudian TNI dan kepolisian serta masyarakat umum dengan rentang usia 18 hingga 59 tahun.

Hal senada disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Pesawaran Aila Karyus. Menurut dia, untuk melakukan vaksinasi Covid-19,  pemerintah daerah perlu menyiapkan sarana dan prasarana pendukung.

"Tentunya ada hal-hal pendukung yang harus kita siapkan misalnya vaksinatornya, kita juga harus siapkan," terangnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com