Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Metro Meningkat

Tanggal 28 Sep 2017 - Laporan - 959 Views
Foto: Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia Arist Merdeka Sirait.

Harianmomentum--Kasus tindak kekerasan terhadap anak di Kota Metro, Provinsi Lampung  terus n meningkat. Pada tahun 2005 tercatat hanya terjadi lima kasus kejahatan seksual terhadap anak. Kemudian tahun 2016 meningakat menjadi 46 kasus dan tahun 2017 hingga bulan September tercatar 69 kasus.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Arist Merdeka Sirait mengatakan 50 persen kasus kekerasan terhadap anak didominasi kejahatan seksual. 

 

“Berdasarkan data dinas sosial, kasus kekerasan terhadap anak di Kota Metro semakin meningkat yang didominasi kejahatan seksual. Ini perlu mendapat perhatian pemerintah dan pihak terkait lainnya,” kata Arist pada Seminar Nasional Perlindungan Anak di kota setempat, Kamis (28/9).

 

Menurut dia, saat ini Indonesia berada dalam kondisi darurat kejahatan seksual terhadap anak. Hal tersebut, lanjut dia, berdasarkan data dari kepolisian dan aparat terkait.

 

“Dari laporan kasus kekerasan terhadap anak yang diterima kepolisian hampir diseluruh Indonesia, didominasi kasus kejahatan seksual, mencapai 52 sampai 58 persen,” ungkapnya.

 

Dia melanjutkan, untuk mencegah terjadinya kasus kekerasan terhadap anak, diperlukan peran akit masyarakat yang terkoneksi dengan pemerintah atau dinas terkait. 

 

“Kita (KPAI) mendorong  adanya Gerakan Perlindungan Anak  oleh masyarakat di tiap desa yang terkoneksi dengan instansi pemerintah,” harapnya.


Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kota Metro Subehi mengakui hingga akhir September 2017 sudah terjadi 69 kasus kekesarasan terhadap anak. 

 

"Dinsos akan terus memberikan sosialisasi terhadap masyarakat untuk mencegah terjadinya kasus kekerasan terhadap anak. Salah satunya kita lakukan melalui seminar ini,” kata Subehi.

 
Hal senda dikatakan Wakil Walikota Metro Djohan. Dia meminta dinsos  lebih gencar menggelar sosialisasi terkait hal tersebut.

 

”Masyarakat harus paham dan sadar serta berperan aktif  mencegah kekerasan terhadap anak. Apa lagi Metro sudah mencanangkan sebagai Kota Layak Anak (KLA),” kata Djohan. (pie)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Jadi Saksi Kasus Korupsi, Inspektur Inspektor ...

MOMENTUM, Kotabumi--Menjadi saksi kasus dugaan tindak pidana koru ...


Komplotan Curanmor di Lamteng Diamankan, Satu ...

MOMENTUM, Padangratu--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi P ...


Peringati Hari KI, Kemenkumham Sebut 10 Ribu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham ...


Kapolres Pimpin Sertijab 10 Kapolsek di Lamte ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnom ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com