Gubernur Lampung: Pancasila Ideologi Terbuka Mampu Serap Perkembangan

Tanggal 02 Okt 2017 - Laporan - 783 Views
Sekdaprov Lampung Sutono menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Senin (2/10). Foto: istimewa

Harianmomentum--Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengatakan permasalahan idelogi Pancasila tuntas sejak 1945. Meskipun demikian, Pancasila adalah ideologi terbuka yang mampu menyerap perkembangan zaman. 

 

"Pancasila itu hasil rumusan pada Bapak Bangsa kita dan tentunya sebagai ideologi terbuka memiliki ketahanan terhadap perkembangan zaman dan situasi yang mampu menyerap nilai-nilai baik yang berkembang. Pancasila bukan ideologi tertutup. Pemahaman terhadap Pancasila tidak boleh sempit dan kuno," kata gubernur dalam sambutan yang dibacakan Sekdaprov Sutono pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Senin (2/10).

 

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasilan, kata gubernur, esensinya adalah bagaimana mempertahankannya sebagai ideologi bangsa.

 

"Ini ideologi yang final dan sebagai anak bangsa, kitalah yang mempertahankannya. Tanpa ideologi Pancasila, bangsa ini akan pecah," kata Gubernur yang juga alumnus Lemhanas itu.

 

Gubernur mengatakan tujuan upacara Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk mengajak seluruh  masyarakat daerah Lampung, khususnya ASN bersatu dan secara terus menerus mengamalkan Pancasila sebagai ideologi bangsa, sehingga dapat tercipta suasana aman, nyaman dan tentram di daerah Sai Bumi Ruwa Jurai.

 

“Masih segar dalam ingatan kita bahwa Gerakan 30 September 1965 yang dikenal dengan G30S/ PKI mengalami kegagalan, berkat kesiapsiagaan TNI yang dipimpin Letnan Jenderal Soeharto sebagai komandan operasi pemulihan keamanan yang dibantu oleh segenap lapisan masyarakat berhasil menumpas kebiadaban PKI, sehingga negara tetap tegak dan berdiri di atas dasar Pancasila yang menjadi falsafah bangsa Indonesia. Bertolak dari peristiwa tersebut, pemerintah menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila," kata gubernur. (rls)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


62 ASN di Lampung Dilaporkan ke KASN, 45 Terb ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sepanjang tahun 2020-2024, 62 aparatur s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com