JICA Tinjau Pelayanan Kesehatan di Pringsewu

Tanggal 15 Jan 2018 - Laporan - 901 Views
Wabup Pringsewu Fauzi menerima kunjungan TIM JICA.

Harianmomentum.com---Pemerintah Kabupaten Pringsewu kembali mendapat kunjungan tiga angota Tim JICA (Japan International Cooperation Agency) atau Badan Kerja Internasional Jepang dan Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Senin (15/1).

 

Anggota tim tersebut diterima Wakil Bupati Pringsewu Fauzi dan Ketua TP-PKK  Nurrohmah Sujadi serta  Wakil Ketua TP-PKK Rita Irviani.

 

Pertemuan antara wabup dan TIM JICA yang berlangsung di Sekretariat  Dewan Kerajinan Nasional Nasional Daerah (Dekranasda) setempat,  itu juga diikuti sejumlah pejabat Pemkab Pringsewu: Asisten I Zuhairi, Asisten II Junaidi Hasyim, Kadis Kesehatan  Purhadi dan Sekretaris Dinas Kesehatan Jarwo.

 

Ketiga angota tim JICA yang bertemu Wabup Pringsewu itu: Tomoya Yoshida, Keiko Osaki dan Akiko Hayashi  serta Hary Papilaya dari Kemenkes RI.

 

Usai berdioalog seputar program kesehatan dengan wabup, kunjungan dilanjutkan dengan meninjau

UPT Puskesmas ?Pringsewu, Posyandu Pringsewu Timur dan Rumah Sakit  Mitra Husada Pringsewu.

 

Harry Papilaya dari Kemenkes mengatakan, kunjungan itu untuk melihat langsung  kondisi  pelayanan  kesehatan masyarakat di Kabupa ten Pringsewu, kususnya  ibu dan anak. “Kunjungan ini juga  sebagai survey Pelatihan Implementasi Buku KIA (TCTP) di Kabupaten Pringsewu,” kata Harry.

 

Wabup Pringsewu Fauzi menyambut  baik kunjungan tersebut  untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat  di kabupaten setempat.

 

"Kami juga mengapresiasi kepada  T IM JICA dan Kemenkes serta semua pihak yang selama ini telah berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Pringsewu, kususnya di bidang kesehatan," kata wabup.

 

Wabup menerangkan, pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Kabupaten Pringsewu ?sudah mulai dilakukan sejak masa pra  menikah.  Itu dilakukan melalui kerja sama antara Puskesmas dengan KUA (Kantor Urusan Agama) kecamatan yang menyelenggarakan kursus calon pengantin (catin).

 

Dalam kurus catin,  calon pasangan suami istri  mendapatkan pelayanan kesehatan, diperkenalkan tentang fungsi dan kegunaan  Buku KIA. “Untuk ibu hamil  mendapatkan Pelayanan Pemeriksaan Kehamilan (ANC) terpadu di semua Puskesmas dengan skrining Hep B, HIV, AIDS, HB, dan  pemeriksaan golongan darah,” terangnya.

 

Wabup memaparkan, dalam pelaksanaan atau implementasi Buku KIA, didistribusikan  melalui Puskesmas  RS umum  dan Rumas Sakit Ibu dan Anak. Termasuk ke para  dokter spesialis kebidanan, spesialis anak, institusi pendidikan kesehatan. (lis)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


62 ASN di Lampung Dilaporkan ke KASN, 45 Terb ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sepanjang tahun 2020-2024, 62 aparatur s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com