Peringati HUT ke 9 Kabupaten, DPRD Pringsewu Rapat Paripurna di Gedung Baru

Tanggal 02 Apr 2018 - Laporan - 1609 Views
Gedung baru Kantor DPRD Kabupaten Pringsewu

Harianmomentum.com--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pringsewu menggelar rapat paripurna istimewa peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 9 kabupaten setempat, Senin (2/4).

 

Rapat paripurna HUT kabupaten tahun ini terasa lebih istimewa, karena untuk pertama kalinya DPRD setempat menempati gedung kantor baru yang berlokasi di kompleks perkantoran Pemkab Pringsewu.

 

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Pringsewu Ilyasa didampingi Wakil Ketua I Sagang Nainggolan dan Wakil Ketua II Stiyono. Selaian jajaran pemkab dan foruk komunikasi pimpinan daerah setempat, rapat paripurna tersebut juga dihadiri

?Staf Ahli Gubernur Lampng Bidang Pemerintah Hukum dan Politik Theresia Sormin.

 

Turut hadir pula mantan Ketua Presedium Pusat Panitia Persiapan Pemekaran  Kabupaten Pringsewu (P3KP) Prof. Sugeng P Hariyanto, Mantan Pj Bupati Pringsewu periode 2009-2011 Sudarno Edi dan sejumlah pemekaran kabupaten setempat.

 

Ketua DPRD Kabupaten Pringsewu Ilyasa  saat membuka rapat paripurna itu mengatakan dasar pelaksanaan agenda tersebut  adalah Peraturan Daerah Nomor 23 tahun 2011 tentang hari jadi Kabupaten Pringsewu.

 

Tema rapat paripurna tahun ini,  Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Pringsewu ke-9, Kita Wujudkan Peran Serta Masyarakat dan Dunia Usaha Sebagai Pilar Menuju Kabupaten Pringsewu Bersahaja," paparnya.

 

Dia mengatakan, di usianya yang ke-9 Kabupaten Pringsewu telah banyak mencapai keberhasilan dalam mewujudkan cita-cita  kesejahteraan masyarakat  pada  segala bidang.

 

"Atas nama pimpinan dan anggota DPRD Pringsewu, kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati serta jajaran pemkab  atas pengabdian yang telah diberikan untuk masyakat Kabupaten Pringsewu selama ini," ucapnya.

 

Walau begitu, lanjut dia, tantangan ke depan tidaklah ringan. Masih banyak tugas yang harus diselesaikan, khususnya pada bidang infrastruktur sebagai urat nadi roda perekonomian masyarakat.

 

Karena itu,  Ketua DPRD mengajak seluruh elemen bahu-membahu membangun Kabupaten Pringsewu menjadi Bersahaja (Berdaya Saing, Harmonis dan Sejahtera).

 

“Rasa cinta dan bangga terhadap Kabupaten Pringsewu harus diwujudkan dalam setiap pekerjaan sesuai kapasitas dan fungsi masing-masing, sehingga tema peringatan tidak hanya indah dalam retorika belaka, tetapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata, “ harapnya.

 

Pada rapat paripurna itu juga dibacakan sejarh singkat Kabupaten Pringsewu oleh Wakil Ketua I DPRD setempat Sagang Nainggolan.

 

“Pringsewu dulunya adalah kawasan hutan bambu yang dibuka menjadi daerah pemukiman dan pertanian oleh para transmigran dari Pulau Jawa. Seiring berjalanya waktu, daerah ini terus berkembang menjadi Kecamatan Pringsewu bagian dari Kabupaten Lampung Selatan, “ tuturnya. 

 

Pada tahun 1997 Kecamatan Pringsewu menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Tanggamus yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Selatan.

 

Kemudian berkat perjuangan dari seluruh elemen masyarakat pada tahun 2009, Pringsewu resmi terbentuk sebagai daerah otonomi baru (kabupaten).

 

“Penetapan pembentukan Kabupaten Pringsewu disahkan langsung oleh DPR-RI pada 3 April 2009 yang  saat ini diperingati sebagai hari lahir  Kabupaten Pringsewu,” tuturnya.

 

Bupati Pringsewu Sujadi dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk lebih mempererat kebersamaan mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

 

"Saya atas nama Pemkab Pringsewu mengajak seluruh elemen masyarakat memperkokoh kebersamaan, persatuan dan kesatuan menuju pembangunan masyarakat yang makmur dan berkeadilan," ajaknya.


?Staf Ahli Bidang Pemerintah Hukum dan Politik Theresia Sormin mewakili Pemprov Lampung menyampaikan selamat HUT ke-9 Kabupaten Pringsewu.

 

“Semoga di usia yang relatif masih muda ini, masyarakat dan Pemerintah daerah Kabupaten Pringsewu dapat mewujudkan pembangunan yang lebih maju lagi,” harapnya. (lis)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


62 ASN di Lampung Dilaporkan ke KASN, 45 Terb ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sepanjang tahun 2020-2024, 62 aparatur s ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com