Waykanan Serius Optimalkan Fungsi UKS

Tanggal 18 Jul 2018 - Laporan - 716 Views
Kegiatan pembinaan usaha kesehatan sekolah di Kabupaten Waykanan

Harianmomentum.com--Akes pelayanan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), semestinya dapat dikembangkan lebih luas, bukan hanya terbatas di lingkungan sekolah.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Bupati Waykanan Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia (SDM) Juanda saat membuka kegiatan Pembinaan dan Peningkatan UKS Tahun 2018. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Gedung PKK kabupaten setempat, Rabu (18/07/2018).

"UKS adalah instrumen penting dalam menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sesuai tujuannya meningkatkan drajat kesehatan peserta didik, maka UKS layak dikembangkan  untuk melayani pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat di sekitar lingkungan sekolah," kata Juanda.

Juanda menerangkan, pada era globalisasi saat ini terdapat banyak tantangan bagi peserta didik yang dapat mengancam kesehatan fisik dan jiwanya. Tidak sedikit peserta didik yang menunjukkan perilaku tidak sehat, seperti  mengkonsumsi makanan  yang tidak memenuhi standar kesehatan. Karena itu, peran UKS sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dia juga menyapaikan, pada Lomba Sekolah Sehat UKS Tingkat Provinsi Lampung tahun lalu, Kabupaten Wa kanan memperoleh dua kategori juara:Juara II kategori Sekolah Sehat tingkat SD/MI yang diraih oleh SDN 01 Sidoarjo Kecamatan Blambanganumpu dan Juara Harapan III Kategori Sekolah Sehat Tingkat TK/RA yang diraih TK Ar-Ridho Sidoarjo Kecamatan Blambanganumpu.

"Kegiatan pembinaan UKS ini adalah bentuk persiapan kita menghadapi Lomba LSS UKS tingkat Provinsi Lampung tahun 2018," terangnya.  (vit)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com