Periksa Kesehatan Hewan Kurban, DKPP Metro Kerahkan 70 Petugas

Tanggal 16 Agu 2018 - Laporan - 864 Views
ilustrasi/ist

Harianmomentum.com--Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPP) Kota Metro mengerahkan70 petugas untuk memeriksa kesehatan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.  

Kepal Bidang Peternakan pada DKPP Kota Metro Parjiya mengatakan, para petugas terebut teridiri dari: dokter hewan dan para relawan. Mereka akan melakukan pemeriksaan di masjid-masjid dan tempat-tempat penyembilhan hewan kurban.  

"Petugas itu akan dibagi per kelurahan, kecamatan. Di setiap kelurahan akan ditempatkan tiga petugas, terdiri dari satu dokter atau paramedis dan sisanya relawan. Jadi untuk tim kelurahan jumlahnya 66 petugas. Sisanya koordinator kecamatan dan kota," kata Parjiya pada harianmomentum.com, Kamis (16/08/2018).

Menurut dia, proses pemeriksaan akan dilakukan sebelum dan sesudah proses penyembelihan hewan kurban.

"Nanti petugas akan datang ke masjid. Kalau memang hewanya sudah dipoong, akan dilakukan pemeriksaan post mortem  dan kalau belum ya dilakukan pemeriksaan antem mortem," terangnya. 

Dia melanjutkan, sebelumnya DKPP juga sudah melakukan pemantauan di beberapa tempat penjualan hewan kurban  di Kota Metro. Hasilnya, hewan-hewan yang dijual dipastikan dalam kondisi sehat. 

"Kita pantau di pasar Kambing Tejoagung dan Hadimulyo Timur. Kalau hasil pemeriksaan kita pada kedua tempat tersebut, hewan-hewanya sehat. Kebanyakan warga Kota Metro pesenhewan kurban di situ," ungkapnya. 

Menurut dia, selama ini penyakit cacing hati  yang banyak ditemukan pada hewan kurban, khususnya sapi. 

"Untuk penyakit cacing hati ini bisa dilihat secara kasat mata dengan membelah hati hewan yang telah disembelih. Setelah dibelah, kalau memang ada penyakit, akan terlihat cacingnya dan itu harus dibuang. Tidak boleh dikonsumsi," jelasnya.

Dia mengimbau masyarakat Kota Metro lebih selektif memilih hewan kurban. Selain itu, masyarakat juga diimbuau lebih dulumemeriksakan hewan kurban ke pada petugas kesehatan hewan.

"Untuk pemeriksaan hewan kurban, bisa langsung mendatangi kantor DKPP Kota Metro atau menghubungi saya lewat nomor telepin: 081272660975," imbaunya. (pie)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com