Seluruh Pekon di Tanggamus Belum Cairkan DD

Tanggal 17 Mei 2017 - Laporan - 1259 Views
Illustarasi. Foto: Google.

Harianmomentum--Hingga pertengahan bulan Mei, belum satu pun desa di Kabupaten Tanggamus, bisa mencairkan dana dasa tahap pertama tahun 2017. Sementara, pada beberapa kabupaten lain di Provinsi Lampung, pencarian DD tahap pertam sudah rampung 100 persen.

 

Menanggapi kondis tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tanggamus menyatakan pencairan DD terhambat karena banyak pekon (desa) yang belum menyerahkan laporan hasil penyusunan dan pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Padahal, laporan APBDes merupakan salah satu syarat utama untuk bisa mencairkan DD.

  

“Hingga pertengahan bulan Mei ini, dari hampir tiga ratus pekon di Tanggamus, baru  sepuluh pekon yang menyerahkan laporan APBDes. Jadi keterlambatan pencairan DD ini bukan berasal dari pemerintah daerah, tapi pihak pekon sendiri yang lambat menyerahkan laporan APBDes, “ kata Erlan Deni Kepala Bidang  Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Pekon pada DPMD Kabupaten Tanggamus, Rabu (17/5).

 

Dia menerangkan 10 pekon yang telah menyerahkan laporan APBDes itu berasal dari Kecamatan Pulaupangung: Pekon Tekad, Talangjawa, Sinarmulyo, Gunungmegang, Batubedil, Airbakoman. Kemudian: Pekon Gunungmeraksa, Sumbermulya, Srimenganten dan Pekon Sindangmarga.

        

“Pekon yang sudah menyerahkan APBDes, dalam waktu dekat sudah bisa mencairkan DD tahap pertama. Pekon yang lain belum menyerahkan.Banyak kepala pekon yang datang ke sini, tapi bukan menyerahkan APBDes, hanya konsultasi,“ terangnya.

 

Dia berharap, pada akhir bulan Mei seluruh pekon di Tanggamus sudah bisa menyerahkan laporan APBDes masing-masing.

 

Berdasarkan Peraturan Kementerian Keuangan, proses pencarian DD tahap pertama pada April sampai Juli 2017. (zim)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Febrizal Levi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Mesuji, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji dan Tulangba ...


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com