PMI Metro Temukan Penyakit Berbahaya Dalam Darah Hasil Donor

Tanggal 19 Sep 2018 - Laporan - 2430 Views
Ilustrasi/ist

Harianmomentum.com--Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Metro menemukan virus penyakit reaktif Human Immunodeficiency Virus (HIV) dalam  36 kantong darah hasil donor.

Temuan itu berdasarkan hasil uji saring Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kota Metro. 

Kepala UTD PMI Kota Metro dr. Ade Kurniawan mengatakan, berdasarkan hasil uji saring ditemukan empat penyakit menular. Salah satunya, terdapat peningkatan penyakit reaktif HIV. 

"Karena itu kita lakukan kerjasama  dengan  Dinkes dan RSUD Ahmad Yani, karena penyakit ini butuh rujukan dan pengobatan ke jenjang selanjutnya," kata dia  pada harianmomentum.com di sela  acara gebyar donor darah dan HUT PMI ke 73, Rabu (19/09/2018). 

Di tempat sama, Walikota Metro Achmad Pairin menjelaskan, PMI Kota Metro berhasil mendapat 14 ribu kantong darah. Namun, dari jumlah tersebut sekitar 280 kantong darah tidak dapat didistribusikan, karena mengandung penyakit. 

Menurut dia, jenis penyakit yang terkandung dalam  280 kantong darah itu: Hepatitis B dan Hepatitis C, HIV dan Sipilis.

"Pencapain target sudah terpenuhi. Sampai bulan Agustus kita sudah dapat 14 ribu kantong darah. Tapi sekitar 280 an kantong mengandung tiga penyakit berbahaya. Makanya tidak didistribusikan," jelasnya. 

Dari 280 kantong darah yang tidak bisa didistribusikan, 120 kantong merupakan darah dari pendonor Kota Metro. Sisanya, pendonor darah dari luar daerah. 

"Setelah kita evaluasi hasilnya yang dari wilayah Kota Metro 120 kantong. Makanya dicek betul kesehatan darah itu. Jangan sampai darah yang tidak layak justru didistribusikan. Itu namanya bukan menolong tetapi malah membunuh," kata Pairin. (pie)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com