Orang Tua Berperan Cegah Kekerasan Seksual terhadap Anak

Tanggal 18 Okt 2018 - Laporan - 769 Views
Sosialisasi pencegahan kekerasan seksual terhadap anak. Foto.Bob.

Harianmomentum.com--Pengawasan organg tua terhadap gerak-gerik anak berperan penting dalam mencegah kekerasan seksual terhadap anak.

"Awasi anak-anak saat bermain, dengan siapa bermain. Jangan percaya kepada orang yang baru dikenal," ujar Staf Ahli Bidang Keuangan Pemkab Lampung Selatan, Yusri.

Yusri mengungkapkan itu saat mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Nanang Ermanto membuka sosialisasi pencegahan kekerasan seksual terhadap anak di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lamsel, Kamis (18/10/18).

Kepada pelajar dari sejumlah sekolah di Lamsel yang mengikuti sosialisasi, Yusri mengatakan, dengan pencegahan tersebut, diharapakan pelaku kekerasan seksual terhadap anak, bahkan terhadap orang dewasa akan berkurang.

Selebihnya, sang anak juga harus terbuka terhadap orang tua mereka dan harus menceritakan ika ada tekanan di sekolah atau bahkan iming-iming dari orang yang tidak dikenal 

"Harus cerita. Laporkan, jangan dibiarkan berlarut-larut. Kalau dibiarkan terus, maka kekerasan ini yang akan terjadi. Mengingat pentingnya acara ini, ikuti dan simak dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BMSK Pemkab Lamsel, Kholil menjelaskan, sosialisasi itu juga untuk memberikan pemahaman sedini mungkin kepada seluruh komponen yang terlibat di sekolah.

"Kita beri pemahaman kepada pelajar, guru dan juga orang tua siswa, tentang pencegahan dan pemberantasan kekerasan seksual terhadap anak," katanya.

Selain itu, sosialisasi tersebut juga penting dilakukan, mengingat akhir-akhir ini cukup banyak kekerasan seksual yang terjadi di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Lamsel.

“Intinya para guru dan orang tua siswa selalu waspada, dan waspada. Jangan percaya kepada orang lain apalagi baru dikenal. Kalau sudah terjadi tidak ada gunanya lagi penyesalan,” terangnya. (bob).


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com