Waykanan Canangkan GERNAS MANJUR

Tanggal 22 Mei 2017 - Laporan - 1105 Views
Pencanangan GENAS MANJUR II Tingkat Kabupaten Waykanan.

Harianmomentum--Pembentukan sikap jujur pada generasi penerus harus ditanamkan sejak usia dini. Penanaman nilai-nilai kejujuran itu harus dimulai dari lingkungan kehidupan keluarga.

 

Hal tersebut disampaikan Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Waykanan Dessy Afriyanti Adipati saat mencanangkan program Gerakan Nasional  Pembelajaran Aku Anak Jujur (GERNAS MANJUR) II, Senin (22/5).

 

Pada kegiatan yang dilaksanakan di gedung serba guna Kantor Pemerintah Kabupaten Waykanan itu, juga dicanangkan Gerakan Pendidikan Keluarga Serentak se-Indonesiadan dan  Kampanye Gemar Ikan.

 

Menurut Dessy, masa kanak-kanan merupakan masa emas pertumbuhan dan pembentukan mental bagi manusia. Karena itu, penanaman karakter sangat efektif dilakukan pada masa tersebut.

 

“Anak merupakan peniru ulang. Apa yang dilihat, didengar akan segera direspon dalam bentuk sikap dan perbuatan oleh anak. Lingkungan keluarga punya peran vital untuk menanamkan dan membentuk sikap jujur dalam diri anak,”  terangnya.  

 

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Waykanan Bustam Hadori mewakili Bupati Raden Adipati Surya.

 

Menurut dia, penanaman nilai-nilai kejujuran dalam diri anak bertujuan membentuk generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter, handal dalam  ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.    

 

“Saya berharap melalui GERNAS MANJUR dan Gerakan Pendidikan Keluarga dapat menjadi inspirasi bagi para guru dan masyarakat Waykanan, untuk terus menguatkan pola pendidikan karakter kepada generasi penerus,“ kata Bustam.

 

Terkait  pencanangan gerakan Gemar Makan Ikan, menurut Bustam,  saat ini tingkat konsumsi ikan pada masyarakat di Kabupaten Waykanan masih rendah. 



Tahun 2016, tingkat konsumsi ikan pada masyarakat setempat, rata-rata hanya 26,1 kilogram per kapita per tahun. Angka itu jauh di bawah tingkat konsumsi ikan secara nasional yang mencapai 36,12 kilogram per kapita per tahun.

 

“Ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi untuk membentuk kecerdasan otak. Karena itu, kita perlu terus berupaya mengkampayekan gerakan Gemar Ikan ini pada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Waykanan,” ajaknya. (vit)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rejosari Alokasikan DD Rp122 Juta untuk Rehab ...

MOMENTUM, Pringewu--Pekon Rejosari Kecamatan Pringsewu, Kabupaten ...


Febrizal Levi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Mesuji, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji dan Tulangba ...


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com