Tingkatkan Perlindungan Hak Anak, Dinsos Metro Gelar Workshop

Tanggal 27 Nov 2018 - Laporan - 741 Views
Workshop Optimalisasi Managemen Kasus Berbasis Hak Anak yang diselenggarakan Dinas Sosial Kota Metro

Harianmomentum.com--Dinas Sosial (Dinsos) Kota Metro mengadakan Workshop Optimalisasi Managemen Kasus Berbasis Hak Anak. Kegiatan berlangsung di Ballroom Grand Skuntum, Selasa (27/11/2018).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinsos Metro Subekhi mengatakan, workshop tersebut bertujuan  untuk membangun komitmen dari penegak hukum, instansi pemerintah dan  masyarakat dalam melindungi hak-hak anak.

“Kegiatan ini dimaksudkan mewujudkan hak-hak anak yang terdapat dalam Konvensi Hak Anak (KHA) PBB tahun 1989," kata Subekhi pada harianmomentum.com.

Dia menerangkan, hak anak bisa dikelompokan menjadi empat  kategori: hak untuk kelangsungan hidup, hak untuk tumbuh kembang, hak untuk mendapatkan perlindungan dan hak untuk berpartisipasi. 

Wakil Walikota Metro Djohan dalam sambutan saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, perlindungan anak menjadi hal yang sangat penting. Perlindungan anak merupakan suatu upaya untuk menciptakan kondisi anak dapat melaksanakan hak dan kewajibannya.

“Kita semua memiliki tanggung jawab terhadap pemenuhan hak-hak anak. Karena Terlebih, negara telah mengamanatkan lewat Undang-undang Perlindungan Anak berdasarkan konsep parents patrie,yaitu negara memberikan perhatian dan perlindungan kepada anak-anak sebagaimana layaknya orang tua kepada anak-anak. Maka kepentingan terbaik bagi anak menjadi prinsip utama,” kata Djohan.

Dia berharap, melalui  kegiatan Workshop itu  dapat semakin meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kesamaan persepsi, serta komitmen penyelesaian kasus-kasus anak.

“Hendaknya  peserta  mengikuti kegiatan ini dengan serius. Pahami seluruh materi yang disampaikan untuk menambah pengetahun tentang pentingnya upaya memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak," harapnya. (pie)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com