Pembangunan Sarana Infrastruktur Prioritas DD Sukadanabaru

Tanggal 03 Des 2018 - Laporan - 1277 Views
Pembangunan jalan lapen menjadi salah satu prioritas pengelolaan DD tahun 2018 di Desa Sukadanabaru, Kecamatan Margatiga

Harianmomentum.com--Pengerasan badana jalan dengan sistem lapisan penetrasi macadam (lapen), menjadi salah satu prioritas kegiatan pembangunan fisik program Dana Desa (DD) tahun 2018 di Desa Sukadanabaru, Kecamatan Margatiga, Kabupaten Lampung Timur.

Kepala Desa Sukadanabaru Supatman mengatakan, anggaran DD yang dialokasikan untuk pembangunan jalan lapen itu mencapai Rp161,7 juta lebih lebih. Selain itu, lanjut dia, pengelolaan DD  untuk  kegiatan fisik juga dilakukan dalam bentuk pembangunan saluran drainase dengan dana Rp397 juta lebih dan pembangunan gorong-gorong senilai Rp42,7 juta lebih.

"Seluruh kegiatan DD ini berdasarkan hasil musyawarah warga. Pelaksanaanya juga melibatkan masyarakat. Untuk lokasi pembangunanya, tersebar di seluruh dusun," kata Supatman pada harianmomentum.com.

Dia melanjutkan, selain kegiatan fisik,  DD tahun 2018 di Desa Sukadanabaru juga dikelola untuk kegiatan nonfisik pemberdayaan masyarakat dan peningkatan perekonomian desa, antara lain berupa: pelatihan penerapan aplikasi sistem keuangan desa, pengelolaan koran desa, pelatihan jurnalis desa serta pelatihan pencegahan dan penanganan tindak pidana korupsi.

"Secara umum kegiatan DD tahun 2018 tetap diprioritaskan untuk program pembangunan infrastruktur fisik, tapi untuk kegiatan nonfisik berupa pemberdayaan masyarakat juga tetap kita lakukan, seperti pelatihan-pelatihan," terangnya.

Menurut dia, pelaskanaan program DD itu dilakukan sejalan dengan visi-misi program pembangunan Desa Sukadanabaru.

"Ya, program DD ini seluruhnya kita arahkan sesusai visi misi pembanguan di Desa Sukdanabaru. Untuk teknis pelaksanaanya mengacu padan aturan Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014," terangnya. (rif)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com