Pembenahan Infrastruktur Jadi Prioritas DD Gedungwani

Tanggal 04 Des 2018 - Laporan - 783 Views
Saluran drainase ini merupakan salah satu hasil pembangunan program Dana Desa tahun 2018 di Desa Gedungwani.

Harianmomentum.com--Pembangunan drainase dan jalan lapisan penetrasi (Lapen) menjadi salah satu prioritas kegiatan fisik pengelolaan program dana desa (DD) tahun 2018 di Desa Gedungwani, Kecamatan Margatiga, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).

Kepala Desa Gedungwani Sigit Wahyu Subekti  mengatakan, total DD tahun 2018 yang diterima desa setempat mencapai  Rp932,695 juta.

"Selain kegiatan pembangunan fisik, DD tahun ini juga kita gunakan untuk kegiatan nonfisik berupa pelatihan-pelatihan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan usaha perekonomian desa melalu pengembangan Badan Usaha Milik Desa sebesar Rp50 juta ," kata Sigit pada harianmomentum.com, Selasa (4/12/2018).

Menurut Sigit, seluruh perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan di Desa Gedungwani dilakukan dengan melibatkan masyarakat.

"Sesuai aturan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan program kegiatan DD ini melibatkan masyarakat secara langsung," terangnya.

Dia melanjutkan, pembiayaan pembangunan di Desa Gedungwani tidak hanya bersumber dari program DD, tapi juga dari sumber-sumber pendapatan lainya, antara lain:  Pendapatan Asli Desa Rp2,5 juta, alokasi dana desa dari Pemkab Lamtim  Rp21,194 juta,BHPR Rp6 juta, PBK Rp68,6 juta, pembiayaan lain–lain (PLL) Rp28 juta  dan Silpa tahun 2017 Rp29,483 juta.

"Total keseluruhan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) Gedungwani tahun 2018 mencapai Rp1,521 miliar lebih. Semua itu sudah kita kelola sesuai aturan yang berlaku dengan melibatkan masyarakat serta perangkat pemerintahan desa lainnya," terangnya.   

Secara global, pengelolaan APBDes Gedungwani tahun 2018 meliputi:penyelenggaraan pemerintahan desa Rp429,651 juta, pembangunan desa Rp775,210 juta. Pembiyaan program pembinaan masyarakat desa Rp99,433 juta, pemberdayaan masyarakatdesa Rp167,240 juta. 

Dia berharap, seluruh elemen masyarakat dapat terus meningkatkan peran aktif menyukseskan program pembangunan di Desa Gedungwani.

"Tanpa dukungan dan peran aktif masyarakat semua program pembangunan ini tidak akan berjalan dengan baik. Karena itu, saja mengajak seluruh lapisan masyarakat Desa Gedungwani, terus meningkatkan peran aktif menyukseskan program pembangunan yang akan kita laksanakan di tahun-tahun berikutnya," harapnya. (rif)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


30 OPD Lampung Utara Ikut Berpartisipasi dala ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemkab Lampung Utara kembali berpartis ...


Pembukaan Pekan Raya Lampung Berlangsung Meri ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membu ...


Truk Terguling, Usulan Perbaikan Jalan Sejak ...

MOMENTUM, Punggur -- Sebuah mobil truk bermuatan pakan ternak ter ...


Aswarodi Apresiasi PWI Lampung Utara yang Din ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Penjabat Bupati Lampung Utara (Lampura ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com