Atasi Serangan Hama Tikus, Distan Tubaba Segara Turun ke Lapangan

Tanggal 29 Mei 2017 - Laporan - 1153 Views
Illustrasi. Foto: Google.

Harianmomentum--Keluhan para petani di Tiyuh (Desa) Pulungkencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba),  terkait serangan hama tikus yang merusak pulahan hektar tanaman padi, direspon dinas pertanian (distan) setempat.

    

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura pada Dinstan Tubaba Sutrisno mengatakan segera mengistruksikan petugas  turun ke lapangan memantau areal persawahan yang diserang hama tikus.

 

"Hari ini saya langsung minta petugas turun kelapangan, meninjau areal persawahan yang diserang tikus, untuk kemudian melakukan langkah-langkah penanggulangan,“ kata Sutrisno, Senin (29/5).

   

Dia juga mengingatkan kepada para petani agar melakukan upaya penanggulangan serangan hama tikus dengan sistem gerebegan atau secara bersama-sama. 

 

“Kalau sistem gerebegan ini dilaksanakan akan efektif mengatasi serangan tikus. Mungkin selama ini hanya dilakukan dengan sendiri-sendiri,” terangnya.

 

Sebelumnya diberitakan, puluhan hektare tanaman padi di areal persawahan milik para petani di Tiyuh (Desa) Pulungkencana, rusak diserang hama tikus.Akibat serangan hama tersebut, para petani merugi jutaan rupiah.

 

“Serangan hama tikus sudah berlangsung lebih dari sepekan, kami sudah kehabisan akal bagai mana mengatasi serang hama tikus ini,“ kata Sutikno (39) warga setempat yang areal sawahnya diserang hama tikus, Minggu (28/5).

        

Menurut dia, warga sudah bergotong royong melakukan segala cara untuk mengatasi serangan hama tikus itu, tapi tidak berhasil. 

 

“Kami sudah buat jebakan dari daun nanas yang digaris-garis hitam dengan arang, agar menyerupai ular beling, hingga racun dan pengsapan sarang tikus, tapi tetap saja tidak bisa menghentikan serangan hama ini,“ ungkapnya.

 

Dia melanjutkan, kerusakan tanaman padi pada areal persawahan di tiyuh setempat sudah mencapai 90 persen. 

 

“Kalau gagal panen dan rugi jutaan rupiah sih sudah pasti. Sekarang ini kami hanya berharap, pemerintah dapat membantu kami mengatasi masalah ini,“ terangnya. (frk)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com