Lamtim Siapkan Layanan Perizinan secara Elektronik

Tanggal 11 Des 2018 - Laporan - 750 Views
Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari. Foto. Rif.

Harianmomentum.com--Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) sedang mempersiapkan layanan perizinan secara elektronik dengan aplikasi online singgle submission (OSS).

"Dengan sistem itu, pelaku usaha yang mengajukan izin dapat mendaftar melaui laman OSS," ujar Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari saat membuka Sosialisasi Peraturan Pemerintah No 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perijinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik di Sukadana, Senin (10/12/18).

Menurut Zaiful, PP Nomor 24 Tahun 2018 ini  menyederhanakan perijinan berusaha dan menciptakan model perizinan terintegrasi dengan sistem OSS yang cepat dan murah. "Nantinya, izin berusaha dalam waktu beberapa jam saja," katanya.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Lamtim Heri Alpasya mengatakan saat ini DPMPTSP sedang mengembangankan aplikasi Sicantik Cloud yang disediakan Kemkominfo untuk proses pemenuhan komitmen perizinan berusaha. Sedang sistem OSS saat ini dalam masa uji coba.

Secara resmi  penerapan sistem OSS belum dilakukan karena masih persiapan sarana dan prasarana pendukung. Kemudian, mempersiapkan payung hukum terhadap pelaksanaan pelayanan secara elektronik.

"Pendelegasian seluruh kewenangan perizinan dan nonperizinan ke DPMPTSP bertujuan memperpendek rentang kendali pengurusan perizinan dan nonperizinan serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Ke depan tidak ada lagi pengurusan perizinan yang bertele-tele,” kata Heri. (rif).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com