Wagub Tinjau Kesiapan Personel Penanggulangan Bencana Tsunami

Tanggal 28 Des 2018 - Laporan - 637 Views
Wagub Bachtiar Basri di dapur umum penampungan korban bencana tsunami. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri meninjau kesiapan personel penanggulangan bencana tsunami dan ketersediaan logistik di lokasi pengungsian di Kalianda, Lampung Selatan, Jum'at (28-12-18).

Menurut Wagub Bachtiar, kekuatan personel penanggulangan bencana tsunami, khususnya di Lampung Selatan, cukup memadai.

"Tadi saya melihat personel tanggap bencana kita sudah mumpuni, di antaranya dari TNI/Polri, Basarnas, BNPB, Pol PP Provinsi, Pol PP Kabupaten, pos kesehatan dan tenaga kesehatan, dan lainnya. Total personel sekitar 3.147 orang," katanya.

Selain personel, kata Bachtiar, juga diturunkan beberapa alat berat seperti excavator, dozer, wheel loader, bachoe loader, dan dump truk.

Kunjungan Bachtiar untuk memastikan kondisi dan kekuatan personil penanggulangan bencana yang cukup baik. "Saya juga ingin memastikan ketersediaan kebutuhan keseharian masyarakat," ujarnya.

Menuut dia, Pemprov Lampung juga sudah melakukan upaya-upaya penanganan terhadap pengungsi sejak malam terjadinya musibah ini.

"Kami menampung dengan menyediakan Balai Keratun sebagai tempat warga untuk mengungsi, yang berasal dari daerah Pesisir Teluk Lampung. Selain itu, kami juga sediakan dapur umum dan berbagai keperluan keseharian pengungsi," papar Bachtiar. 

Sampai saat ini, pemprov terus berupaya melakukan pemulihan-pemulihan situasi pengungsian baik seperti penyediaan kesehatan.

"Bisa lihat di sini ada rumah sakit keliling yang standby, serta upaya-upaya lainnya. Diharapkan masyarakat yang mengungsi dapat kembali ke rumah masing-masing. Rumah yang rusak akan kita bantu secara bertahap. Saya juga berharap masyarakat yang terkena dampak musibah dapat tetap tabah dan ikhlas dalam menerma ujian ini," harap Bachtiar. 

Selain itu, bantuan yang telah diterima untuk wilayah Kabupaten Lampung Selatan di antaranya Air mineral 7.363 Dus, Beras 26 Ton, Biskuit 787 Dus, Biskuit Bayi 14 Dus, Bubur Bayi 222 Dus, Minyak Goreng 530 Dus, Mie Instan6.028 Dus, Obat-obatan 875 pak, dan Pakaian 2.672 Pcs.

Berdasarkan data, wilayah pantai pesisir Lampung Selatan, yang mengalami rusak berat ada 14 desa dari 5 kecamatan, yaitu Kalianda, Rajabasa, Sidomulyo, Katibung dan Bakauheni. Total korban meninggal 112 orang. Sedikitnya 13 hilang, 2495 luka luka, dan terdapay 7.177 pengungsi di 19 titik pengungsian.

Selain itu, tsunami juga menyebabkan beberapa kerusakan yaitu 658 unit rumah, fasilitas umum seperti kerusakan jalan sekitar 3,32 Km, 5 unit bangunan sekolah dan 3 unit bangunan kantor desa. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com