Aparatur Pekon di Pringsewu Latihan Penerapan Siskeudes Versi 2.0

Tanggal 17 Jan 2019 - Laporan - 713 Views
Pembukaan pelatihan penerapan aplikasi siskeudes versi 2.0, di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Peringsewu

Harianmomentum.com--Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu menyelenggarakan pelatihan penerapan aplikasi pengelolaan sistem keuangan desa (siskeudes) versi 2.0.

Pelatihan di Aula Kantor Kecamatan Pagelaran itu diikuti 32 aparatur pekon/desa dari dua kecamatan: Pagelaran dan Kecamatan Pringsewu.

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Pringsewu Andi Wijaya mengatakan  pengelolaan keuangan merupakan unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, tak terkecuali di tingkat pekon.

"Pengelolaan keuanga harus dilakukan secara transparan dan akuntable sesuai aturan yang berlaku. Karena itu, pelatihan ini sangat pentik bagi aparatur pekon, untuk menerapkan sistem pengelolaan keuang pekon yang baik," kata Andi Wijaya mewakili Bupati Sujadi, membuka pelatihan tersebut, Rabu (16-1-2019)

Dia berharap, melalui pelatihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan perangkat pekon dalam pengelolaan keuangan pekon menggunakan aplikasi Siskeudes versi 2.0.

"Penerapan aplikasi siskeudes versi 2.0. ini merupakan tindak lanjut dari  Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa," terangnya.

Sebelumnya, Kepala DPMP Kabupaten Pringsewu mengatakan dengan adanya program Dana Desa, diperlukannya pengelolaan keuangan desa yang lebih baik, tertib, transparan dan akuntabel, agar tidak  menimbulkan kerugian keuangan pekon.

Sebab itu, pemerintah ousat melalui Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan BPKP Pusat membuat suatu sistem aplikasi keuangan desa, guna mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pengelolaan keuangan tersebut. 

"Pelatihan ini adalah bentuk komitmen Pemkab Pringsewu untuk mengimplementasikan tata kelola keuangan pekon dengan menerapkan aplikasi Siskeudes secara online," terangnya.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pringsewu gelar pelatihan aparatur pemerintah pekon dalam bidang pengelolaan keuangan pekon melalui Siskeudes versi 2.0. (lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com