Belajar Pelayanan Kesehatan, Dinkes Denpasar Kunjungi Pesawaran

Tanggal 13 Jun 2017 - Laporan - 1156 Views
Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Harianmomentum--Kabupaten Pesawaran dinilai memiliki keunggulan, khususnya dalam bidang pengelolaan pelayanan kesehatan masyarakat. Hal tersebut menjadi salah satu dasar Dinas Kesehatan (dinkes) Kota Denpasar, Provinsi Bali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Pesawaran untuk melihat secara langsung sistem pelayanan kesehatan yang dilakukan.

"Ya kan beberapa waktu kemarin, Kabupaten Pesawaran meraih juara tingkat nasional pada lomba desa. Karena itu, kami datang ke sini, ingin tahu bagaimana mekanismenya," kata Kepala Dinkes Kota Denpasar Luh Putu Sri Armini saat  berkunjung ke Kantor Dikes Pesawaran, Selasa (13/6).

Dia menerangkan, secara khusus yang akan dipelajari dalam kunjungan kerja tersebut adalah program Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM).

 

“Katanya, Pemkab Pesawaran memiliki program Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM). Nah ini yang mau kami lihat, bagaimana sistem advokasinya dan pelaksanaannya,” terang Luh Putu.

.
Selain itu dia menambahkan, Dinkes Kota Denpasar juga sangat tertarik dengan program perawat homecare yang diterapkan Pemkab Pesawaran..

"Kebijakan pak Bupati Pesawaran (Dendi Ramadhona) dalam menerapkan program perawat homecare juga sangat baik. Ini juga yang ingin kami pelajari, bagaimana homecare itu bisa disinergikan dengan desa, sehingga program ini dapat berjalan secara maksimal," tambahnya.

Pada kunker tersebut, rombongan Dinkese Kota Denpasar juga secara langsung melihat kondisi pelayanan kesehatan masyarakat di desa Hanura.

 

“Kita akan langsung meninjau Desa Hanura yang mampu meraih juara I tingkat nasional beberapa waktu lalu, untuk melihat penerapan program pelayanan kesehatan di sana,“ terangnya.

 

Sekretaris Dinkes Pesawaran Abdullah menyampaikan  terima kasih dan apresiasi atas kunker Dinkes Kota Dendpasar itu. Menuru dia, hal tersebut menjadi salah satu bukti keberhasilan program pelayanan kesehatan di Kabupaten Pesawaran.

Dia berharap, kunker tesebut dapat semakin memotivasi semangat jajaran dinkes memberikan pelayanan kesehatan terbaik pada masyarakat.


"Tadi mereka memang sudah kita kasih gambaran umum mengenai tata kelola pelayanan kesehatan yang kita lakukan di Kabupaten Pesawaran," tuturnya

Selain itu, lanjut dia, Dinkes Kabupaten Pesawaran juga turut memberikan gambaran umum mekanisme kinerja perawat homecare. "Petugas homecare kita saat ini ada 75 orang. Meski pun sekarang masih ada satu perawat homecare yang bertanggungjawab lebih dari satu desa, tapi mudah-mudahan tetap dapat memberikan pelayanan maksimal," jelasnya. (Eri)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com