KKP Ingatkan Penyakit TiLV Jangkiti Ikan Nila Dan Mujair

Tanggal 03 Jul 2017 - Laporan - 1246 Views
Foto Ilustrasi: Net

Harianmomentum--Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Ditjen Perikanan Budidaya mengingatkan akan ancaman penyakit Tilapia Lake Virus (TiLV). Agar para pembudidaya ikan meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya penyakit TiLV yang mengancam ikan jenis Tilapia yakni Nila dan Mujair, baik yang dibudidayakan maupun di perairan umum.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan, sudah banyak negara yang terjangkit seperti Israel, Ekuador, Mesir, dan Kolombia. Untuk di kawasan Asia Tenggara baru Thailand yang dilaporkan telah dijangkiti TiLV. 

"KKP terus memonitor dan mencermati perkembangan penyebaran penyakit TiLV yang sudah mulai mendekat ke Indonesia. Berbagai langkah pencegahan telah dilakukan oleh pemerintah," ujar Slamet dalam keterangannya, Senin (3/7).

Dia menjelaskan, langkah-langkah yang perlu diambil diantaranya melakukan pengetatan terhadap impor induk, calon induk maupun benih ikan Tilapia dari luar negeri, khususnya dari negara-negara yang sudah terjangkit TiLV.

Kedua, mengingatkan dan terus mendorong para pembudidaya agar menerapkan prinsip-prinsip cara pembenihan maupun cara budidaya ikan yang baik dengan disiplin dan ketat. Ketiga, meminta seluruh unit pelaksana teknis (UPT) lingkup Ditjen Perikanan

Budidaya dan Dinas Perikanan provinsi/kabupaten/kota melakukan surveilan serta monitoring penyakit TiLV. 

"Keempat, untuk sementara tidak melakukan kegiatan penebaran benih Tilapia di perairan umum," tambah Slamet.

Penyakit TiLV sendiri pertama kali dilaporkan menyerang ikan jenis Tilapia di Danau Kinneret (perairan Galilee) dan ikan budidaya di Israel pada 2009. Beberapa tahun kemudian dilaporkan ikan Tilapia di Ekuador juga mengalami kematian massal dan diketahui ikan-ikan tersebut telah terjangkit TiLV. Penyakit yang disebabkan serangan Orthomyxo-likevirus diketahui menyebabkan kerusakan otak, sistem syaraf, dan hati ikan. (wah/RMOL)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com