Disdukcapil dan Mapolres Pesawaran Dipadati Warga

Tanggal 05 Jul 2017 - Laporan - 1110 Views
Suasana pelayanan pembuatan SKCK di Mapolres Pesawaran. Foto: daeang nizar/H-Momen

Harianmomentum--Selama tiga hari usai libur Hari  Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah/2017 Masehi, dua kantor pelayanan publik di Kabupaten Pesawaran, selalu disesaki warga. Kedua kantor itu: Dinas Kependudukan Catatan Sipil (disdukcapil ) dan Polres Pesawaran.

 

Di kantor disdukcapil, masyarakata datang untuk mengajukan permohonan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektoronik (e-KTP). Sedangkan di kantor polres, masyarakat datang untuk mengajukan permohonan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKC).

 

Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Pesawaran Erdiana mengaku kewalahan melayani masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan e-KTP.

 

“Sejak  hari pertama masuk kerja usai libur, masyarakat yang mau buat e-KTP sudah membeludak. Sedangkan stok blangko e-KTP yang kita punya hanya tinggal 1.250 lembar,” ungkapnya pada harianmomentum.com, Rabu (5/7).

 

Menurut dia, stok blangko  e-KTP itu diperkirakan hanya cukup untuk melayani kebutuhan warga selama satu pekan. Sedangkan tambahan stok blangko e-KTP dari pemerintah pusat,  baru akan tiba  bulan September atau Oktober mendatang.

 

Dia juga mengatakan terkendala jumlah alat perekam data yang hanya satu unit. ”Maksimal per hari kita hanya bisa melayani perekaman data e-KTP untuk dua ratus orang,“ terangnya.

 

Susana serupa terjadi di bagian Iltelkam Polres Pesawaran. Setiap hari ratusan warga rela mengantri berjam-jam untuk mengikuti proses pembuatan SKCK.

 
Resti (20) warga Kecamatan Padangcermin mengatakan sengaja  mengajukan pembuatan SKCK untuk keperluan melamar pekerjaan.

"Tadi berangkat dari Padangcermin sekitar pukul delpan pagi. Saya sudah ngantri  lebih kurang dua jam. Maklum yang  buat SKCK juga banyak," kata  Resti, 

Salah satu petugas Satuan Intelkam Polres Pesawaran mengatakan membeludaknya pemohon pembuatan SKCK itu,  sudah  terjadi  sejak hari pertama masuk kerja usai libur lebaran (Senin 3/7). (doy)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Ketua PKK Lampung Hadiri Puncak Peringatan Ha ...

MOMENTUM, Surakarta -- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, ...


Sejumlah Tokoh Nasional dan Lampung Iringi Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mendiang tokoh Nahdatul Ulama (NU) Lampu ...


Tokoh Lampung Berdatangan Takziah di Kediaman ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masyarakat Lampung kehilangan tokoh besa ...


Besok, Mendiang KH Arief Mahya Dikebumikan di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemakaman jenazah tokoh Nahdatul Ulama ( ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com