Ternyata Ini Penyebab Lambatnya Pelayanan Farmasi RSUD Ryacudu

Tanggal 07 Jul 2017 - Laporan - 1110 Views
Kepala TU RSUD Ryacudu Kotabumi Merdatina memberikan penjelasan mengenai pelayanan farmasi. Foto: Ist.

Harianmomentum - Terungkap sudah penyebab lambatnya pelayanan khususnya di bagian penyediaan untuk pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu Kotabumi.

 

Direktur RSUD Ryacudu melalui Kepala TU Merdatina mengakui, keterlambatan dalam pelayanan di bagian obat-obatan disebabkan kurangnya tenaga di bagian farmasi untuk menyediakan obat bagi pasien. 

 

"Kami terkendala kurangnya tenaga. Saat ini ada empat orang tenaga farmasi, satu diantaranya tidak masuk karena sakit.  Ditambah lagi membludaknya jumlah pasien rawat jalan paska lebaran ini," tutur dia saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (7/7).

 

Selain itu kata dia, adanya permintaan obat racikan yang membutuhkan waktu lama untuk menyiapkannya. "Kedepan akan diupayakan maksimal dalam pelayanan baik waktu dan sebagainya. Rencananya akan ada pemisahan antara manajemen apotik rawat inap dan apotik rawat jalan dan yang pasti akan ada penambahan tenaga kefarmasian," ujarnya seraya mengatakan hal tersebut tinggal menunggu Peraturan Bupati mengenai BLUD.

 

Terkait sering kosongnya stok beberapa jenis  obat yang menyebabkan masyarakat harus menebus obat dari luar dengan biaya yang mahal, Merdatina mengatakan pengelolaan stok obat berjalan baik. Namun dia juga mengakui  sering terjadi kekosongan jenis  obat tertentu. "Ya jika obat tidak tersedia, pasien harus beli dari luar. Khusus obat BPJS nanti akan diganti dengan biaya sesuai harga BPJS," terangnya.

 

Diketahui saat ini jumlah karyawan atau tenaga RSUD Ryacudu baik itu PNS, TKS dan sebagainya mencapai 670 orang. Jumlah tersebut sangat bludak dibandingkan dengan tenaga pada satuan-satuan kerja lainnya. "Ya memang tenaga di rumah sakit saat ini over load mencapai 670 orang," pungkasnya. (ysn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com