Pemkab Tanggamus Salurkan BSPS Tahap II

Tanggal 10 Sep 2019 - Laporan - 569 Views
Bupati Tanggamus Dewi Handajani secara simbolis menyerahkan bantuan stimulan perumahan swadaya tahap II

MOMENTUM, Sumberrejo--Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyerahkan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahap II tahun 2019. Penyerahan bantuan secara simbolis itu berlangsung Gedung Serba Guna Kecamatan Sumberejo, Selasa (10-9-2019).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Tanggamus Riswanda Djunaidi mengatakan bahwa, untuk 2019 total penerima program BSPS di kabupaten setempat mencapai 600 unit rumah. Penyaluranya dibagi menjadi dua tahap: pertama 350 unit dan tahap II untuk 250 unit rumah.

"Di Kecamatan Sumberrejo ini, penerima bantuan stimulan perumahan swadaya tersebar di sepulu pekon (desa)," kata Riswanda pada Harianmomentum.com.

Sepuluh pekon di Kecamatan Sumberejo yang menjadi sasaran program BSPS itu: Pekon Argomulyo, Argopeni, Dadapan, Margodadi dan Margoyoso. Kemudian: Peko Simpangkanan, Sumbermulyo dan Wonoharjo. Masing-masing pekon itu mendapat BSPS untuk 20 unit rumah."Sedangkan Pekon Sidomulyo dan Sidorejo masing-masing 45 rumah," terangnya.

Program BSPS disalurkan dalam bentuk dana. Masing-masing penerima mendapatkan dana pembangunan rumah Rp17,5 juta yang diberikan dalam bentuk material pembangunan rumah. 

Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan, program BSPS  selain berasal dari Kementerian Pekerjaan Uumum dan Perumahan Rakyat juga ada yang berasal dari pemkab setempat yang dibiayai dari alokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

"BSPS yang dinai APBD Kabupaten Tanggamus berjumlah 140 rumah. Rincianya 100  unit untuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MVR) dan 40 unit rumah  untuk warga korban bencana alam.  Besaran  nilai bantuanya sama, masing-masing  Rp17,5 juta," kata bupati.

Bupati berharap, melalui program BSPS masyarakat Tanggamus yang berpenghasilan rendah bisa memiliki rumah layak huni.  "Mudah-mudahan ini bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memiliki rumah layak huni," harapnya. (glh/jal)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com