Pemkab Banyumas Belajar Penanganan Konflik Sosial ke Lamsel

Tanggal 09 Okt 2019 - Laporan - 542 Views
Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Banyumas Srieyono menyerahkan cideramata kepada Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lamsel Supriyanto

MOMENTUM, Kalianda--Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) meraih penghargaan terbaik ke 4 nasional dalam penanganan masalah konflik sosial, menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Banyuma, Provinsi Jawa Tengah.

Terkait hal tersebut, tim Pemkab Banyumas melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Lamsel, Rabu (9-10-2019).

Kedatangan rombongan Tim Kunker Pemkab Banyumas yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Srieyono itu diterima Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lamsel Supriyanto,  di Aula Krakatau kantor pemkab setempat.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Banyumas Srieyono mengatakan, kunker tersebut bertujuan untuk mengetahui strategi pengangan konfilik sosial yang diterapkan Pemkab Lamsel.

"Kabupaten Lampung Selatan ini, salah satu daerah yang berhasil dalam melaksanakan program penanganan masalah konfil sosial. Karen itu, kami dari Pemkab Banyumas ingin mempelajari seperti apa penerapan program tersebut, agar bisa  kita adopsi untuk diterapkan di Banyumas," kata Srieyono.

Pada kesempatan itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lamsel  Supriyanto menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kunker studi banding tim Pemkab Banyumas. .

“Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami (Pemkab Lamsel)  mendapatkan kunjungan ini. Meskipun secara jujur kami akui, masih banyak kekurangnya  di Kabupaten Lampung Selatan ini,” kata Supriyanto.

Walau begitu, lanjut dia, kunker Pemkab Banyumas menjadi salah satu bukti keberhasilan program pembangunan di Kabupaten Lamsel, khususnya di bidang pengangan masalah konflik sosial.

"Melalui kegiatan ini, kita dapat saling tukar informasi yang akan memberikan dampak positif terhadap pelaksanaan program pembangunan di kedua kabupaten," harapnya.

Menurut dia, penanganan masalah konflik sosial di Kabupaten Lamsel dilakukan dengan mengotimalkan peran aktif seluruh elemen, terutama Tim Kewaspadaan Dini Masyarakat (TKDM).

"Kami (Pemkab Lamsel) berupaya mengoptimalkan peran Tim Kewaspadaan Dini Masyarkat untuk mengantisipasi kemungkingan terjadinya konfilik sosial. Begitu juga dengan elemen terkait lainya," terangnya. 

Rombongan Tim Kunker Pemkab Banyumas itu antara lain: Kepala Kantor Kesbangpol Pemkab Banyumas Setia Rahendra, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Purwokerto dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banyumas, anggota Intel Korem 071/Wijayakusuma, Intel Polres Banyumas dan Intel Kodim 0701/Banyumas. (alp)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Investasi Jadi Kunci Tingkatkan Pertumbuhan E ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Investasi menjadi salah satu faktor dan ...


Jabatan Pj Bupati Mesuji dan Tubaba Berakhir ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masa jabatan Penjabat (Pj) Bupati Mesuji ...


Pringsewu Wakili Lampung Pawai Kendaraan Hias ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Kabupaten Pringsewu mewakili Provinsi Lamp ...


Walikota Metro Evaluasi Program Kerja OPD ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin mengevaluasi p ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com