Taruna SUPM Sosialisasi Pengolahan Limbah Plastik

Tanggal 28 Okt 2019 - Laporan - 1028 Views
Siswa SUPM bersama petugas Lapas Kotaagung saat melakukan pengolahan limbah sampah plastik./Glh

MOMENTUM, Kotaagung--Taruna Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) menggelar sosialisasi pengolahan limbah sampah plastik di aula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Kotaagung, Senin (28-10-2019).

Kegiatan dilaksanakan bersama anggota Kodim 0424 Tanggamus serta Destha (Dipa Semesta Teja Bumi) dari Tanggerang.

Dalam sambutannya, Kalapas Kotaagung, Sohibur Rachman mengatakan, setiap hari kita selalu berhadapan dengan sampah. "Saat ini belum menemukan solusi, namun ketika berdiskusi dengan Dandim Pak Anang munculah ide yang bisa menghasilkan nilai ekonomi," ujarnya.

Dia melanjutkan, melalui tim Destha yang didatangkan dari Tangerang untuk melakukan sosialisasi mengenai pengolahannya secara benar serta dapat menghasilkan. "Kita berharap lapas juga dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan pengelolaan sampah yang baik," ujar Sohibur.

Sementara Dandim 0424/Tanggamus, Letkol Arh Anang Hasto Utomo menjelaskan Indonesia merupakan penyumbang sampah kedua terbanyak setelah China. Karena itu, kita harus mencari solusi terbaik dari apa yang menjadi kenyataan yaitu sampah sudah semakin menumpuk. 

"Menggunakan alat penyulingan yang sederhana dan mampu menampung hingga puluhan kilogram sampah, namun dengan daya bahan bakar yang sama, pengolahan sampah ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dan nilai ekonomis serta menumbuhkan kesejahteraan bagi rakyat," kata Anang.

Lanjutnya, hasil dari pengolahan sampah ini bisa menjadi bensin, solar dan bahan bakar padat dan apabila sedang tidak ada limbah plastik, alat ini dapat digunakan untuk penyulingan minyak Atsiri, karena kebutuhan pasar dunia masih belum terpenuhi.

Lebih lanjut, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan Lapas Kotaagung mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar serta pelayanan yang baik, dengan praktik yang dilaksanakan bersama SUPM setempat diharapkan bisa menyerap ilmu yang didapat.

"Dapat kita simpulkan bahwa pemanfaatan limbah plastik menjadi bahan bakar alternatif dapat membantu masyarakat terutama para nelayan dan pengusaha industri kecil rumahan dalam meningkatkan ekonominya," pungkasnya. (glh/jal)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Serahkan Tali Asih untuk Kafilah MT ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Penjabat (Pj) Bupati Ir. Mulyadi Irsan memb ...


Temu Petani, Pj Bupati Bahas Program I-Care d ...

MOMENTUM, Ulubelu--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan m ...


Komitmen Bangun Desa, Pemdes Padang Ratu Real ...

MOMENTUM, Kotabumi--Desa Padang Ratu, Kecamatan Sungkai Utara, Ka ...


Nanang Ermanto Buka TMMD ke-120 di Lampung Se ...

MOMENTUM, Tanjungbintang--Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com